Erabaru.net. Setsuko Harmon, seorang pasien Alzheimer berusia 77 tahun menjadi nenek untuk pertama kalinya, dia menjadi viral di dunia maya setelah putrinya, Christine Stone, mengunggah beberapa video tentang dirinya secara online.

Salah satu video yang mendapat banyak komentar dari netizen adalah klip di mana dia menyanyikan lagu masa kecil Jepang kepada cucunya, Sadie Mae Stone, yang lahir pada 11 Oktober.

YouTube

Video yang diambil saat Setsuko dan suaminya, Robert Harmon, mengunjungi Stone pada bulan Oktober, menunjukkan nenek yang menggendong cucunya dalam pelukannya saat dia menyanyikan sebuah lagu Jepang kuno – “Donguri Korokoro” – kepadanya saat dia tidur.

Kejadian yang menyentuh ini benar-benar spesial bukan hanya untuk Setsuko, tapi juga untuk Stone.

“Sangat istimewa melihatnya menyanyikan lagu itu ke Sadie karena saya ingat dia menyanyikannya untuk saya,” kata manajer kantor berusia 39 tahun dari Florence, South Carolina, kepada ABC News.

“Dia akan menyanyikan semua lagu-lagu Jepang ini … saat dia akan mencuci rambutku di kamar mandi.”

“Saya pikir itu sangat spesial karena dia bisa mengingat lagu-lagu lama, lebih dari 30 tahun yang lalu.”

Setsuko, yang pindah dari Jepang ke Amerika Serikat saat menikahi suaminya lebih dari 46 tahun yang lalu, mulai menunjukkan tanda-tanda penyakit Alzheimer pada tahun 2007, menurut Today.

Dia kemudian didiagnosis dengan kondisi tersebut sekitar delapan tahun yang lalu.

Dia baru saja mulai menunjukkan tanda-tanda. Dia akan mengemudi ke suatu tempat dan lupa ke mana dia pergi.

Dia akan mengendarai mobil sampai dia kehabisan bensin,” kata Stone kepada ABC News.

Saat itu, keluarga mengetahui bahwa dia kehilangan ingatan jangka pendek.

Awalnya, Stone mengakui bahwa ayahnya mengalami kesulitan untuk membawa ibunya ke South Carolina.

Tapi sekarang setelah Sadie lahir, entah bagaimana itu memberinya motivasi untuk pergi dan melihatnya.

“Terkadang ayahku akan kesulitan membawanya ke sini (ke South Carolina.) Tapi sekarang mereka datang ke sini setiap minggu. Ayahku akan berkata, ‘Ayo kita lihat bayi Christine!’ Dan dia senang sekali.'”

YouTube

Stone mulai mengunggah video ibunya secara online pada bulan Juni. Dia bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran tentang penyakit Alzheimer, sejenis penyakit yang menyebabkan masalah serius dengan ingatan seseorang, pikiran dan sangat mempengaruhi perilaku, seperti yang dijelaskan di ALZ.org.

Dia juga ingin menunjukkan semua videonya kepada Sadie saat dia dewasa nanti dan menunjukkan betapa neneknya mencintainya dan betapa dia sangat senang melihatnya lahir ke dunia ini.

“Sadie bisa melihat dari video yang saya buat betapa neneknya mencintainya dan betapa senangnya dia lahir. Awalnya, saya merekamnya hanya untuk kita, karena kemungkinan ibu saya masih ada saat anak perempuan saya berusia 18 tahun, “kata Stone kepada Today.

Video pertama Setsuko yang menjadi viral adalah ketika Stone memberi tahu ibunya bahwa dia hamil.

Ibunya penuh dengan sukacita setiap kali dia mengatakan kepadanya bahwa dia sedang menunggu kelahiran anaknya.

Share

Video Popular