Erabaru.net. Lain kali jika Anda ingin membeli makanan ringan dari penjual pinggir jalan, Anda harus berhati-hati. Jika Anda melihat seekor lalat yang melayang-layang di sekitar makanan maka Anda perlu menghindarinya, karena ini bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Dalam penelitian baru, peneliti dari Universitas Pennsylvania State, Amerika Serikat menemukan bahwa lalat membawa ratusan spesies bakteri yang berbeda, di mana banyak di antara spesies bakteri tersebut berbahaya bagi manusia.

Makanya, peneliti memperingatkan orang agar tidak makan makanan di luar rumah dan juga saat piknik.

“Kaki dan sayap lalat paling banyak mengangkut keragaman mikroba, yang menunjukkan bahwa bakteri menggunakan lalat sebagai angkutan udara,” kata Stephan Schuster dari Universitas Pennsylvania State.

Lalat terpapar dengan materi tidak higienis karena lalat menggunakan kotoran dan bahan organik yang busuk untuk membesarkan anaknya, sehingga lalat mengangkut bakteri yang dapat bertindak sebagai patogen terhadap manusia, tumbuhan dan hewan.

Penelitian ini dimuat dalam jurnal Scientific Reports menunjukkan sebagian besar Helicobacter pylori, yang menyebabkan luka pada usus manusia, diangkut oleh lalat.

Share

Video Popular