Erabaru.net. Setiap orang yang bergabung di dunia militer memiliki berbagai macam alasan.

Tapi yang sudah pasti, para prajurit ini ingin melayani negara mereka dan belajar hidup dengan rasa bangga serta terhormat.

Sayangnya, tidak semua pengorbanan para prajurit ini dihargai, dan beberapa diantaranya bahkan kembali ke rumah tanpa menunjukkan apa-apa.

Tapi yang lebih memilukan adalah para prajurit ini bahkan tidak diperlakukan sebagai pahlawan oleh keluarga mereka sendiri.

Narciso Dela Cruz Alpas, yang lebih dikenal oleh penduduk setempat sebagai “Tatay Isok” ditinggalkan di jalanan, tidak punya rumah dan kelaparan setelah pensiun menjadi seorang prajurit.

Rupanya, keluarganya telah mengambil uang pensiun bulanan milik Tatak Isoy dan tidak pernah memberinya satu sen pun sampai dia dipaksa keluar dari rumahnya.

Menurut sebuah postingan di halaman Facebook “All About the Phillipines” (Semua Tentang Filipina), Tatak Isoy pernah menjadi bagian dari Angkatan Udara Filipina (PAF) dengan nomor urut anggota terdaftar 695184.

Dia pernah ditugaskan ke 356 ES dari 355 Aviation Engineering Wing (AEW), sebelum ditugaskan juga ke 730 Combat Group (CG) di Nasugbu, Batangas.

Segera setelah itu, ia ditugaskan sebagai anggota Pasukan Khusus Wing (SPOW) 710. Pasukan 710 SPOW adalah unit pasukan elit Angkatan Udara Filipina

Internet

“Kami sangat merasa sedih mengetahui kondisi salah satu personil pensiunan kami, Sersan Staf Narciso ‘Tatak Isoy’ Dela Cruz Alpas PAF, yang terlihat berkeliaran tidak terawat dan bahkan tidur di jalanan kota Sibaloum, Antique,” kata perwakilan PAF dalam sebuah pernyataannya di media sosial.

“Kasus Sersan Staf Alpas (pensiunan) adalah masalah serius yang tidak bisa kami, dari Angkatan Udara Filipina, abaikan.”

Internet

Ternyata, keluarga Tatak Isoy telah mengambil semua yang ia miliki dan meninggalkannya di jalanan.

Tatak Isoy mulai tidur di mana saja yang ia bisa, termasuk dalam kanal. Ia juga pernah ditabrak sepeda roda tiga dan sekarang mengalami kesulitan saat berjalan.

Internet

Untungnya, kini Tatak Isoy dibawa keluar oleh rekan-rekan prajuritnya dengan bantuan Angkatan Udara Filipina, dan diserahkan ke Departeman Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan Daerah VI untuk hak asuh hukum.

Sehubungan dengan masalah uang pensiunnya, PAF mengatakan bahwa mereka mengirim personil mereka untuk mengurus beberapa dokumen terkait masalah tersebut. (iin/rp)

Share

Video Popular