Oleh: Chen Chunjun

Erabaru.net.  Pria Denmark, Lars Andersen bolehlah disebut pemanah sakti. Dia terkenal yang mampu membidik sasaran meski terhalang oleh rintangan.

Lars pernah mengunggah online serangkaian video tentang demonstrasi teknik memanahnya.

Dalam videonya ia menunjukkan betapa hebat bagai teknik special efek dalam film disaat anak panahnya bisa berbelok di udara dan memutari rintangan dalam mencapai sasaran. Sangat menakjubkan!

Di awal filmnya, Andersen menunjukkan jurus “sekali memanah tiga burung terkena,” sebatang anak panah yang melesat melengkung, menghantam tiga target berturut-turut.

Andersen menyatakan bahwa arah peluncuran anak panah bisa diubah di udara, hal seperti ini bisa dilakukan dengan anak panah biasa.

Lars Andersen pemanah sakti Denmark ketika meluncurkan anak panah yang dapat berbelok arah dan menghunjam target dibalik suatu kayu penghalang. (Youtube)

Tapi jika pada kepala anak panah ditambahkan hambatan angin, maka akan lebih mudah untuk mengontrol tehniknya, dan yang terbaik adalah menambahkan bulu ekstra pada bagian depan anak panah.

Dia selanjutnya menjelaskan, pada saat memanah, anak panah jangan ditempatkan persis di tengah-tengah tali busur, tapi setidaknya jaraknya harus selebar satu tangan dari center tali busur.

Dibutuhkan beberapa kali mencoba untuk menemukan letak yang tepat.

Saat panah melesat pada posisi seperti tersebut di atas, hasil dari ‘tidak ditempatkan pada tengah tali busur’, akan menyebabkan bagian belakang anak panah membelok, lalu panah dapat berbalik arah oleh hambatan angin, untuk kemudian menjadi panah yang berbelok arah.

Lars Andersen pemanah sakti Denmark ketika meluncurkan anak panah yang dapat berbelok arah dan menghunjam target dibalik orang-orang yang berdiri berjajar. (Youtube)

Anak panah juga bisa berputar 180°, namun ini hanya bisa dilakukan dengan membutuhkan memanah berlawanan dengan arah angin bertiup.

Andersen menekankan bahwa di dalam filmnya pernah memanah memutari obyek manusia.

Ini sebagai akibat latihan bertahun-tahun, sehingga ia dapat sepenuhnya mengontrol keterampilannya, untuk menghindari risiko dan bahaya. Orang awam sebaiknya jangan meniru.

Pada 2015, Andersen mengeluarkan sebuah video tentang kemampuan memanah hebatnya yang sangat mengagumkan, termasuk memanah cepat, memanah ketika ia bergerak cepat, menangkap anak panah di udara kemudian dengan anak panah tangkapan itu ia memanah balik dan lain lain.

Lars Andersen meluncurkan anak panah yang dapat berbelok arah dan menghunjam target kaleng di belakang orang. (Youtube)

Sejauh ini video tersebut telah ditonton lebih dari 45 juta pemirsa.

Share

Video Popular