Erabaru.net. Anda mungkin berpikir bahwa menggunakan obat kumur adalah salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan bau mulut tak sedap, namun tidak memikirkan konsekuensinya.

Bila anda adalah pengguna obat kumur secara teratur maka anda perlu berpikir dua kali sebelum menggunakan. Karena menurut studi baru penggunaan obat kumur secara teratur meningkatkan risiko diabetes.

Selama penelitian, para peneliti di Universitas Harvard, AS menemukan bahwa penggunaan cairan anti bakteri bisa membunuh mikroba bermanfaat yang hidup di mulut dan melindungi terhadap obesitas dan diabetes.

“Sebagian besar bahan antibakteri dalam obat kumur tidak selektif,” kata Kaumudi Joshipura, profesor di Harvard School of Public Health.

Menurut Joshipura, bakteri bermanfaat di mulut dapat melindungi terhadap diabetes dan obesitas, termasuk mikroba yang membantu tubuh menghasilkan oksida nitrat, yang mengatur kadar insulin.

Oksida nitrat juga penting untuk mengatur metabolisme, menyeimbangkan energi dan menjaga kadar gula dalam darah. Penelitian baru-baru ini dipublikasikan di jurnal Nitric Oxide.

Dan jiga Anda ingin menyingkirkan bau mulut, lebih baik gunakan ramuan rumahan berikut ini:

Adas

Adas memiliki kandungan berkhasiat antimikroba yang bermanfaat untuk membasmi bakteri di mulut. Kunyah beberapa biji adas yang bermanfaat untuk menyegarkan nafas dan merangsang produksi air liur.

Anda juga bisa menyiapkan teh adas dan minum 2-3 kali sehari. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan sendok teh adas dalam secangkir air panas. Biarkan selama sekitar 5 menit, saring lalu minum.

Cengkeh

Cengkeh bersifat anti-bakteri. Kunyah 2-3 butir cengkeh untuk membasmi bakteri di mulut dan untuk menyegarkan napas.

Kayu manis

Kayu manis mengandung sinnamik aldehida yang membasmi bakteri di mulut dan batu mulut. Aduk rata satu sendok teh kayu manis dengan segelas air mendidih, biarkan sampai dingin dan gunakan untuk kumur mulut.

Jus lemon

Kandungan asam dalam lemon mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Aduk rata satu sendok makan jus lemon dengan setengah gelas air dan gunakan untuk kumur mulut.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular