Erabaru.net. Kita semua tahu tentang tempat-tempat terkenal seperti Colosseum, atau Taj Mahal. Tapi ada bangunan besar dan megah lainnya bahkan pelancong paling keranjingan sekalipun belum pernah mendengarnya.

Berikut adalah tempat-tempat dari sebuah hasil survei majalah Quora, yang meminta pembacanya untuk menyebutkan ikon arsitektur yang megah dan unik tapi kurang terkenal di dunia.

8. Masjid Agung Djenné, Mali

(Foto : Francois Xavier Marit)

Masjid Agung Djenné berusia lebih dari 100 tahun dan merupakan bangunan bata lumpur terbesar di dunia.

Pada tahun 1988, mesjid ini termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai bagian dari kota lama Djenné. Saat ini, masjid ditutup untuk wisatawan.

Menurut dugaan, langkah ini diambil pada tahun 1996 setelah pemotretan diam-diam oleh majalah Vogue yang dilakukan di tempat ini.

(Foto : soloway)

(Foto : soloway)7. Chand Baori, India

(Foto : agrawalshubham)

Chand Baori, yang terletak di desa kecil India Abhaneri, adalah salah satu tangga tertua dan terdalam di dunia.

Struktur raksasa, menyerupai piramida terbalik, berjalan di bawah tanah sedalam 30,4 meter. Ada tiga dinding yang memiliki 3.500 anak tangga sempit yang disusun dengan simetri sempurna yang terpasang di sisi-sisinya, mengarah ke danau kehijauan kecil.

Ilmuwan masih belum menentukan apakah tangga tersebut dibangun antara abad IX dan XI atau 600 tahun sebelum era kita.

(Foto: aniryortonts)
(Foto: explore.patternity)

6. Istana Parlemen, Rumania

(Foto: aniryortonts)

Salah satu landmark Bucharest yang paling populer dibangun ketika Rumania masih merupakan sebuah Republik Sosialis. Istana ini dianggap sebagai bangunan administrasi sipil termahal di dunia.

Keajaiban neoklasik ini memiliki 12 lantai (dengan delapan lantai tambahan di bawah tanah), dan 3.100 ruang yang luasnya 330.000 meter persegi.

(Foto : abritandabroad)

(Foto : abritandabroad)5. Stari Most (Jembatan Tua), Bosnia-Herzegovina

(Foto : thousandwonders)

Jembatan pejalan kaki di atas Sungai Neretva di Kota Mostar ini adalah salinan modern jembatan kuno yang dihancurkan oleh pasukan Kroasia Bosnia pada tahun 1993.

Stari Most termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005. Salah satu hiburan turis tradisional adalah terjun-bungee ke perairan dingin Sungai Neretva dari jembatan ini (ketinggian 24m sampai 30m jaminan jatuh bebas).

(Foto : quora)
(Foto : thousandwonders)

Share

Video Popular