Erabaru.net. Seorang anak berusia 15 tahun bernama sonu pulang dari bermain. Dalam perjalanan pulang dia melihat seorang anak laki-laki sedang menangis.

Sonu bertanya kepada anak laki-laki itu, “Kenapa kamu menangis?”

Anak laki-laki itu menyeka air matanya dan dengan sedih berkata, “Saya kehilangan ponsel baru saya. Saya berasal dari keluarga miskin namun ayah saya membelikan saya ponsel. Jika ayah saya mengetahui bahwa saya kehilangan ponsel baru saya, dia akan marah. Saya telah mencari di mana-mana tapi tidak dapat menemukannya. Apa yang harus saya lakukan sekarang? ”

ILUSTRASI. (futurelearn.com)

Sonu menjawab, “Sungguh menyedihkan. Saya tidak bisa melakukan apapun sekarang tapi jika Anda bisa memberi tahu saya rincian ponsel dan alamat Anda juga sehingga jika saya menemukan ponsel Anda, saya dapat mengembalikannya kepada Anda .. ”

Sonu mendapat rincian dari anak laki-laki dan kemudian pergi. Sebelum pulang ke rumah Sonu pergi ke rumah temannya.

Ketika sampai di rumah temannya, dia melihat bahwa temannya sedang mengadakan pesta. Ketika Sonu bertanya kepadanya pesta untuk perayaan apa?

Temannya menjawab bahwa ia telah menemukan ponsel baru hari ini.

Sonu bertanya kepadanya tentang handphonenya dan setelah mengetahui tentang hal itu, Sonu menyadari bahwa itu adalah ponsel dari anak malang yang dia temui dalam perjalanannya. Sonu senang mengetahui bahwa ia menemukan ponselnya.

ILUSTRASI. (googleusercontent.com)

Sonu mengatakan kepada temannya tentang anak malang itu dan menyarankan agar dia mengembalikannya kepadanya tapi temannya menolak mengembalikan ponsel itu.

Sonu mencoba meyakinkan temannya tapi temannya mengabaikannya dan melanjutkan pestanya. Sonu merasa sedih dan pergi.

Setelah sebulan kemudian Sonu melihat temannya di taman. Dia melihatnya sedang menangis.

Sonu bertanya kepada temannya, “Apa yang terjadi? Kenapa kamu menangis?”

Temannya menjawab, “Saya telah kehilangan ponsel baru saya.”

Sonu menjawab, “Tidak apa-apa .. kamu kaya .. kamu bisa beli yang baru ..”

Temannya menjawab, “Ya saya kaya tapi ponsel itu adalah hadiah dari ayah saya dan dia akan sangat sedih mendengar bahwa saya kehilangan ponsel saya.”

Sonu menjawab, “Jangan khawatir .. kalau ada yang menemukannya .. dia akan mengembalikannya ..”

Mendengarkan ini temannya mulai menangis lagi dan berkata, “Tidak, dia tidak akan kembali karena saya tidak pernah mengembalikan ponsel anak miskin itu. Sonu sekarang saya menyadari saya melakukan kesalahan saat itu karena tidak mengembalikan ponsel itu. Saya merasa bersalah. Saya masih memiliki ponsel itu dan ingin mengembalikannya kepada anak itu.”

ILUSTRASI. (assets.nst.com.my)

Sonu merasa senang mendengarnya dan pulang untuk mengambil alamat dari anak miskin itu.

Sonu dan temannya pergi ke alamat itu untuk mengembalikan ponsel itu tapi tidak ada siapa-siapa di sana.

Saat bertanya kepada tetangga mereka memberitahu keluarga ini telah pindah beberapa hari yang lalu.

Teman Sonu merasa bersalah karena tidak mengembalikan ponsel saat Sonu memintanya.

Moral: Kita tidak mengerti masalahnya sampai kita menghadapi masalah yang sama. Lebih baik kita membantu seseorang saat kita bisa. Membantu orang lain membawa kebahagiaan tidak hanya kepada yang lain tapi juga untuk diri sendiri. (hui/rp)

Share

Video Popular