Episiotomi

Episiotomi adalah sayatan yang dibuat antara vagina dengan anus untuk mengeluarkan kepala bayi. Sayatan yang dibuat pasti akan lebih dalam untuk wanita yang bertubuh lebih pendek yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Fetal distress

Hal ini diakibatkan oleh persalinan yang berkepanjangan, sehingga bayi gagal menerima jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Kondisi ini sangat jarang terjadi.

Perdarahan yang berlebihan

Wanita bertubuh pendek membutuhkan lebih banyak tekanan untuk melahirkan bayi melalui vagina, karena hanya ada sedikit ruang bagi bayi untuk keluar. Hal ini akan menyebabkan kerusakan jaringan di vagina yang dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan dari biasanya.

Cara mengurangi kemungkinan komplikasi

Tinggi badan ibu hamil hanyalah salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi kehamilan. Tidak banyak yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tinggi badan, yang sebagian besar didasarkan pada gen. Namun, ada kasus di mana pertumbuhan tinggi badan terhambat karena kekurangan nutrisi di masa kanak-kanak.

Jadi, ibu harus merawat anaknya dengan makanan yang tepat. Ibu hamil bertubuh pendek, lebih baik berkonsentrasi pada faktor lain untuk membuat proses persalinan menjadi lebih mudah, termasuk asupan makanan yang tepat, kenaikan berat badan yang tepat, olahraga yang cukup, dan jeda waktu 18-23 bulan antara kehamilan.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Share

Video Popular