Erabaru.net. Pesepakbola berkaki satu berbakat ini menjadi selebriti dunia maya dalam semalam di Tiongkok setelah sebuah video yang menunjukkan keterampilannya bermain bola yang mengagumkan menjadi viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, He Yiyi yang berusia 21 tahun terlihat dapat melakukan gerakan yang indah yang menghasilkan gol sambil dibantu dengan sepasang tongkat melawan pesaingnya yang berbadan sehat.

Itu dilakukannya saat pertandingan persahabatan yang diadakan pada 12 November di Shenzhen, Tiongkok.Yiyi, yang kehilangan kaki kirinya karena kanker tulang saat berusia 12 tahun, dijuluki oleh para penggemarnya sebagai “Malaikat dengan sayap yang Patah” (Angel with Broken Wings), “Raja bola dengan satu kaki” (Ball King with One Leg) dan “Anak Ajaib” (Magic Boy).

Menurut Times of India, pesepakbola berbakat dari Provinsi Guangdong, Tiongkok selatan itu telah menunjukkan bakatnya pada usia yang sangat muda.

Sebagai anak laki-laki, dia selalu bermimpi menjadi bintang sepakbola di Tiongkok, dan mulai berlatih lebih dari 10 tahun yang lalu di sekolahnya di kota Shanwei.

Dia bermain di sekolah tersebut selama dua tahun dan akhirnya terpilih untuk bergabung dengan Tim Pemuda Shenzhen pada usia 9 tahun.

Dia mendapat kesempatan untuk menjadi pemain sepak bola profesional di Prancis setelah seorang pencari bakat dari Prancis menyatakan berminat pada bakatnya sebelum dia didiagnosis menderita penyakit ini pada tahun 2009.

Mimpinya menjadi striker terkenal hancur pada tahun keempatnya berlatih dengan tim lokalnya.

Untuk menyelamatkan nyawanya, dokter terpaksa mengamputasi kakinya setelah ditemukan bahwa ia memiliki jenis kanker tulang langka yang disebut osteosarcoma.

Untuk tahun yang dilaluinya untuk keluar masuk rumah sakit, Yiyi harus berhenti memainkan permainan yang sangat dia sukai.
“Saya menghabiskan satu tahun empat bulan di rumah sakit,” kata Yiyi kepada MailOnline.

“Itu adalah masa-masa paling gelap dalam hidupku.”

Pelatihnya ada di sana untuk akhirnya membawanya kembali bermain begitu dia siap, tapi keadaan tidak sama seperti sebelumnya.

Namun, meski mengalami kesulitan dalam latihan, ia berhasil menahan rasa sakit fisik dan mental yang datang dengan memulai bermain dengan satu kaki.

Menurut Yiyi, ia hanya menggunakan tongkat murah yang bisa mudah hancur saat bermain untuk memastikan pemain lain tidak akan cedera di lapangan.

Namun, liga amatir merasa khawatir dalam membiarkannya bermain dengan keadaannya.

Yiyi mampu menampilkan permainan yang menakjubkan di Turnamen Sepak Bola Piala Shenzhen setelah Chao Xiang Group, salah satu penyelenggara turnamen mengatur permainan persahabatan baginya untuk bermain.

“Sulit mengaturnya untuk bermain di pertandingan resmi. Karena kita harus mempertimbangkan keselamatannya dan keamanan pemain lainnya, ” kata Chen Chaoxing, General Manager Xiangyang Group.

Share

Video Popular