Erabaru.net. Di sebuah kota tinggal seorang kaya yang sangat rakus. Orang kaya itu memerintahkan untuk membangun sebuah brankas besar dan ia ingin mengisinya dengan emas dan permata.

Jadi, suatu hari dia menyewa seorang ahli matematika untuk menemukan cara terbaik baginya untuk menghasilkan keuntungan terbesar dalam semua hal yang dia lakukan.

ILUSTRASI. (gettyimages.com)

Ahli matematika mempelajari selama berbulan-bulan sebelum menemukan solusinya. Ahli Matemati dengan senyum lebar di wajahnya.

Keesokan harinya, dia pergi ke rumah orang kaya dan berkata, “Saya menemukannya ..! Perhitunganku sempurna ..! ”

Orang kaya tidak sempat mendengarkannya karena harus melakukan perjalanan jauh. Jadi dia berkata kepada ahli matematika, “Saya berjanji akan membayar Anda upah ganda saat saya kembali tapi hanya jika Anda bertanggung jawab atas bisnis saya dan menerapkan formula baru.”

Ahli matematika sangat gembira karena formula barunya, dia dengan senang hati menerima usul tersebut.

Beberapa bulan kemudian ketika orang kaya kembali, dia menemukan bahwa semua miliknya telah hilang.

Dia menjadi sangat marah dan menemui ahli matematika untuk meminta penjelasan.

Ahli matematika dengan tenang mengatakan kepadanya bahwa dia telah memberikan segalanya kepada orang-orang yang membutuhkan. Orang kaya tidak bisa mempercayainya dan menjadi marah.

Ahli Matematika menjelaskan tentang rumusnya, “Saya belajar selama berbulan-bulan tapi setiap cara yang saya temukan selalu terbatas karena ada batasan berapa banyak yang bisa dilakukan seseorang sendirian. Kemudian saya mengerti kuncinya adalah bahwa banyak orang bisa membantu kita mencapai tujuannya. Jadi kesimpulannya adalah membantu orang lain adalah cara terbaik untuk membuat lebih banyak orang memperoleh keuntungan bagi kita. ”

ILUSTRASI. (gettyimages.com)

Orang kaya kecewa dan marah karena ulah Ahli matematika dan pergi keluar.

Saat dia berjalan pergi, beberapa tetangganya mendatanginya dan mencemaskannya.

Mereka semua adalah orang-orang yang dibantu oleh kekayaan orang kaya ini.

Mereka merasa bersyukur kepadanya dan menawarkannya untuk menjadi tamu di rumah mereka.

Selama beberapa hari berikutnya, ke mana pun dia pergi, dia diterima dengan sangat terhormat dan semua orang bersedia membantunya dengan cara apa pun yang mereka bisa.

Sekarang, orang kaya bisa melihat hasil perhitungan ahli matematika ini. Dia menyadari bahwa membantu orang lain dengan sedikit tetapi sekarang dia telah menerima lebih banyak dan lebih banyak lagi.

Dengan cara ini, dia berhasil segera membangun bisnis yang berkembang, tapi kali ini dia mengikuti saran ahli matematika yang brilian itu.

Sekarang dia tidak lagi menyimpan uangnya dengan aman, tapi dia membagi-bagikan kekayaannya kepada orang-orang, dan hatinya berubah menjadi tenteram dan bersyukur.

Pesan dari cerita di atas adalah membantu orang lain dan berbagi dengan orang lain memberikan kebahagiaan dan kekayaan tertinggi. (hui/rp)

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular