Erabaru.net. Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, ‘Mengapa saya merasa sangat lelah?’ Inilah mungkin jawaban yang Anda cari.

Kita semua cenderung menyalahkan lelah pada gaya hidup yang terlalu sibuk. Dan sebagian besar memang itu kita benar. Tapi jika Anda merasa lelah sepanjang waktu atau selalu bertanya pada diri sendiri “mengapa saya sangat lelah?”

Jangan menyalahkannya. Beri kesempatan diri Anda sekitar 2 sampai 3 minggu untuk membuat beberapa perubahan gaya hidup: Cobalah tidur lebih banyak, pangkas kalender sosial Anda, makan makanan yang lebih sehat, minum lebih banyak cairan, minum multivitamin, dan kurangi kafein dan alkohol.

“Jika Anda masih merasakan gejala kelelahan setelah perubahan tersebut, Anda memerlukan bantuan profesional,” kata Sandra Adamson Fryhofer, MD, seorang dokter penyakit dalam di Atlanta. Lelah yang berlebihan bisa menjadi pertanda kondisi medis yang lebih serius yang harus diobati.

Berikut ini adalah enam dari masalah paling sering yang perlu Anda ketahui:

(Foto : Joshya / shutterstock)

Anemia

Kelelahan yang disebabkan oleh anemia adalah akibat kekurangan sel darah merah, yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel Anda.

Anda mungkin merasa lemah dan sesak napas. Anemia mungkin disebabkan oleh kekurangan zat besi atau vitamin, kehilangan darah, pendarahan internal, atau penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis, kanker, atau gagal ginjal.

Wanita usia subur sangat rentan terhadap anemia defisiensi zat besi karena kehilangan darah saat menstruasi dan kebutuhan tubuh akan zat besi ekstra selama kehamilan dan menyusui, kata Laurence Corash, MD, seorang profesor kedokteran laboratorium di University of California, San Francisco menjelaskan.

Gejalanya: Merasa lelah setiap saat adalah gejala yang utama. Yang lainnya termasuk kelemahan ekstrim, sulit tidur, kurang konsentrasi, detak jantung cepat, nyeri dada, dan sakit kepala. Olahraga sederhana, seperti menaiki tangga atau berjalan jarak pendek, bisa menyebabkan kelelahan.

Share

Video Popular