Erabaru.net. Pernah ada sebuah sekolah dimana semua jenis seni diajarkan kepada siswa. Siswa dari jauh akan datang ke sekolah untuk belajar seni yang berbeda.

Ada seorang anak laki-laki bernama Samar yang sangat bersemangat untuk melukis dan biasanya dia bisa melukis pemandangan indah dan lukisan lainnya.

Suatu hari Samar melukis lukisan diluar kebiasaannya dan menemukannya sebagai lukisan terbaik yang pernah dibuatnya. Jadi dia memutuskan untuk menampilkannya di sekolah.

ILUSTRASI. (http://webneel.com)

Di pagi hari dia meletakkan lukisan itu di layar dan di samping lukisan dia juga menulis sebuah catatan mengatakan, “Jika Anda menemukan kesalahan, silakan lingkari bagian itu dengan warna hitam.”

Di malam hari ketika Samar memeriksa lukisannya untuk melihat kesalahannya, dia melihat keseluruhan lukisan ditutupi lingkaran hitam.

Samar sangat sedih dan depresi karena itu adalah lukisan terbaik yang pernah dia buat.

Di kelasnya, gurunya memperhatikan bahwa Samar sedih. Jadi dia memanggilnya ke kantornya dan menanyakan alasan kenapa dia sedih.

ILUSTRASI. (beefjack.com)

Samar memberitahu gurunya tentang apa yang terjadi dengan lukisannya.

Guru menyuruh Samar untuk membuat lukisan lain dan memasangnya di layar tapi kali ini dia harus memberi catatan pada lukisan sambil mengatakan, “Tolong perbaiki kesalahan lukisan jika Anda menemukannya.”

Keesokan paginya, Samar memasang sebuah lukisan dan melakukan apa yang diperintahkan gurunya kepadanya.

Ketika di malam hari Samar datang untuk memeriksa lukisan dia melihat bahwa tidak ada koreksi yang dibuat pada lukisan yang dibuatnya.

ILUSTRASI. (blog.ed.gov)

Dia terkejut melihat itu. Dia mendatangi gurunya untuk menanyakan alasannya.

Gurunya menjawab, “Bagi orang sangat mudah untuk menemukan kesalahan dalam pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain tapi ketika harus memperbaiki kesalahan itu sendiri .. tidak ada yang bisa melakukannya”.

Kita harus mengerti bahwa bahkan setelah mencoba yang terbaik dalam melakukan sesuatu dan membangun sesuatu, orang akan terus menemukan kesalahan di dalamnya.

Seseorang seharusnya tidak merasa sedih atau tertekan karenanya, malah harus terus bekerja keras untuk mencapai tujua kita.

Kita seharusnya tidak merasa terganggu dengan orang-orang yang menunjukkan Kesalahan dalam pekerjaan kita. Sebagai gantinya kita harus Terus Bekerja keras untuk Mencapai Tujuan Kita. (hui/rp)

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular