Erabaru.net. Duduk dengan menikmati semangkuk sup ayam adalah obat terbaik untuk flu di musim dingin, menurut sebuah riset terbaru.

Sebuah studi menemukan bahwa sup ayam bisa meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas karena mengandung zat antiinflamasi.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa aroma, rempah-rempah dan rasa hangat dari sup dapat menghilangkan hiduung mampat yang biasa disebabkan oleh flu.

Seorang peneliti dari University of Nebraska memasukkan resep ‘sup neneknya’ dalam penelitian untuk mengetahui apakah mitos itu benar adanya.

Manfaat dari sup ayam diduga berasal dari beberapa abad yang lalu ketika dokter dan filsuf Yahudi Mesir, Moshe ben Maimon, merekomendasikan sup ayam untuk gejala flu, yang ditulis pada abad ke-12.

Sejak saat itu, resep kaldu hangat telah diturunkan selama beberapa generasi untuk melawan flu.

Dr Stephen Rennard mempelajari dari apa yang dia sebut ‘Sup Nenek’, yang termasuk ayam, bawang merah, ubi jalar, parsnip, lobak, wortel, batang seledri, peterseli, garam dan merica.

Dia memeriksa apakah pergerakan neutrofil, sel darah putih dalam darah yang mempertahankan tubuh terhadap infeksi, akan diblokir atau dikurangi dengan sup ayam.

Diduga bahwa mengurangi pergerakan neutrofil dapat menurunkan aktivitas pada saluran pernapasan bagian atas yang menyebabkan gejala mirip flu.

Dan hasilnya menunjukkan bahwa sup ayam mungkin memiliki komponen anti-inflamasi, yang dapat mengurangi gejala dan memperpendek infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Share

Video Popular