- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Apakah Sup Ayam Sangat Membantu Melawan Flu? Iya Benar ! Dan Ilmuwan Memberikan Resep Terbaik untuk Dipraktikkan

Erabaru.net. Duduk dengan menikmati semangkuk sup ayam adalah obat terbaik untuk flu di musim dingin, menurut sebuah riset terbaru.

Sebuah studi menemukan bahwa sup ayam bisa meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas karena mengandung zat antiinflamasi.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa aroma, rempah-rempah dan rasa hangat dari sup dapat menghilangkan hiduung mampat yang biasa disebabkan oleh flu.

Seorang peneliti dari University of Nebraska memasukkan resep ‘sup neneknya’ dalam penelitian untuk mengetahui apakah mitos itu benar adanya.

[1]

Manfaat dari sup ayam diduga berasal dari beberapa abad yang lalu ketika dokter dan filsuf Yahudi Mesir, Moshe ben Maimon, merekomendasikan sup ayam untuk gejala flu, yang ditulis pada abad ke-12.

Sejak saat itu, resep kaldu hangat telah diturunkan selama beberapa generasi untuk melawan flu.

Dr Stephen Rennard mempelajari dari apa yang dia sebut ‘Sup Nenek’, yang termasuk ayam, bawang merah, ubi jalar, parsnip, lobak, wortel, batang seledri, peterseli, garam dan merica.

Dia memeriksa apakah pergerakan neutrofil, sel darah putih dalam darah yang mempertahankan tubuh terhadap infeksi, akan diblokir atau dikurangi dengan sup ayam.

Diduga bahwa mengurangi pergerakan neutrofil dapat menurunkan aktivitas pada saluran pernapasan bagian atas yang menyebabkan gejala mirip flu.

Dan hasilnya menunjukkan bahwa sup ayam mungkin memiliki komponen anti-inflamasi, yang dapat mengurangi gejala dan memperpendek infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Namun, penelitian ini tidak dilakukan pada manusia, melainkan sel darah putih mereka.

Dr Rennard menambahkan bahwa kenyamanan psikologis dan fisik juga memberi efek plasebo.

[2]
Ilustrasi.(Internet)

Studi lain yang dilakukan hampir 40 tahun yang lalu menemukan bahwa aroma, panas dan rempah sup ayam dapat membantu membersihkan sinus dan hidung mampat dengan memecah lendir dan membuka saluran udara.

Dokter rumah sakit Florida Dr Gail van Diepen mengatakan kepada Daily Mail Online: ‘Meningkatkan asupan cairan penting saat Anda kedinginan.’

Hal ini disebabkan pelepasan cairan dari hidung meler atau keringat yang menyebabkan dehidrasi.

Jadi saat Anda sakit, tubuh Anda perlu mengganti cairan yang hilang itu dan sup dapat melakukan hal itu, saran Dr van Diepen.

Dan meskipun peneliti tidak dapat mengidentifikasi bahan yang tepat dalam sup yang membuatnya melawan flu , mereka berteori itu mungkin merupakan kombinasi dari ramuan yang bekerja sama untuk memiliki efek menguntungkan.

Sup bisa memperbaiki rehidrasi dan nutrisi dalam tubuh, menurut Rennard.

Kebanyakan sup termasuk ramuan nutrisi tinggi. Sup Nenek mengandung lebih dari lima sayuran yang mengandung serat, vitamin C dan antioksidan tinggi.

Minum seluruh mangkuk dapat memberi nutrisi dosis harian yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan gejala flu.

Dan sup tidak harus buatan sendiri untuk memiliki efek melawan dingin ini.
‘Banyak sup yang dibeli di toko, disiapkan dan bahkan kalengan, memiliki efek penghambatan yang sama, kata Dr Rennard.

[3]

Resep sup ayam

Bahan:

• 1 -2 kg daging ayam
• 1 pasang sayap ayam
• 3 siung bawang putih
• 1 buah ubi jalar
• 3 buah parsnip
• 2 buah lobak
• 11 – 12 buah wortel
• 5 – 6 batang seledri
• 1 tangkai peterseli
• Garam dan lada secukupnya

Cara:

1. Bersihkan ayam, masukkan ke dalam panci besar dan rendam dengan air dingin. Didihkan.
2. Masukkan sayap ayam, bawang putih, ubi jalar, parsnip, lobak dan wortel. Rebus sekitar 1 ½ jam. Singkirkan lemak dari permukaan sup.
3. Masukkan seledri dan peterseli selama 45 menit.
4. Angkat daging ayam karena tidak digunakan lagi untuk sup.
5. Cincang halus sayuran atau dapat juga dihaluskan dengan menggunakan blender.
6. Tambahkan garam dan lada secukupnya.

Selamat menikmati.(vivi/yant)

Sumber: dailymail.co.uk