Erabaru.net.  mengendalikan siklus tidur dan bangun Anda serta membimbing fungsi tubuh penting termasuk metabolisme, tekanan darah dan bahkan kerja sel individual yang dilakukan oleh gen Anda.

Sebenarnya, masing-masing sel Anda memiliki jam biologisnya sendiri, yang disinkronisasi melalui suhu, hormon dan isyarat tubuh lainnya, sementara simfoni jam penuh dikoordinasikan oleh satu konduktor, jam master di otak Anda yang dikenal sebagai inti suprachiasmatik hipotalamus.

Hadiah Nobel diberikan kepada tiga ilmuwan Amerika yang memfokuskan penelitian mereka pada biologi genetik dan molekuler ritme sirkadian menunjukkan betapa mendasar proses ini bagi kesehatan kita.

Alina Patke, rekan peneliti di laboratorium Dr. Michael Young, salah satu pemenang Hadiah Nobel dan seorang profesor di Rockefeller University, menjelaskan bahwa ritme sirkadian tidak hanya mengendalikan perilaku manusia dan fisiologi tetapi juga pada hewan, tumbuhan dan bahkan jamur.

Ilustrasi. (internet)

Studi menunjukkan bahwa gangguan jam kerja tubuh kita berkontribusi terhadap penyakit yang beragam seperti kanker dan diabetes.

Baru-baru ini para ilmuwan mulai bertanya-tanya apakah yang sebaliknya mungkin juga benar: Bisakah penyembuhan dibimbing oleh jarum jam ini juga?

Dua studi baru mendukung gagasan ini, memperluas perspektif kita dan mendorong kita untuk mempertimbangkan waktu yang penting bagi proses pemulihan.

Share

Video Popular