Erabaru.net. Maroko, mutiara di utara Afrika, misterius, indah, adalah negara kerajaan di utara Sahara.

Rakyat di sini ramah dan sederhana, tapi juga sangat konservatif, mata yang indah para gadis-gadis di sini terbalut di balik tabir, membuat orang-orang tidak bisa menebak pikiran mereka.

Namun, justru tempat kuno yang dijuluki sebagai mutiara Afrika Utara ini, ada seorang wanita yang mendobrak tradisi lamanya menuju ke dunia baru.

Dia, adalah mutiara dari Maroko : Permaisuri Salma.

Dia terlahir sebagai rakyat biasa, tapi dengan pengetahuannya yang cerdas, dia lulus dari universitas sebagai insinyur..

Pada usia 21 tahun ia berkenalan dengan Raja Maroko, dan dengan berani menolak sistem poligami, meminta raja untuk menandatangani ikatan pernikahan, dia baru bersedia menikah dengannya.

Setelah menikah, ia menjadi wanita pertama dari rakyat biasa yang diberi gelar permaisuri, dan untuk kali pertamanya berkunjung keluar negeri bersama sang suami, tidak lagi terlihat seperti anggota keluarga kerajaan yang hanya bersembunyi dibalik kamar mewah dan di belakang suaminya.

Dia melakukan kegiatan amal, diplomasi, mempromosikan reformasi kesejahteraan perempuan di negaranya dan meningkatkan status sosial perempuan.

Dia mengatakan kepada dunia melalui tindakannya bahwa di dunia Arab kuno juga ada bayangan sesosok wanita modern.

Share

Video Popular