Erabaru.net. Orang-orang kuno memiliki kalimat: “Orang yang tak terlihat, laut yang tak tergoyahkan”

Kalimat ini berarti: Kita tidak dapat menggunakan penampilan luar seseorang untuk menilai kebajikan orang itu. Kita tidak dapat melihat kondisi air laut untuk menilai kedalamannya.

Ada cerita menarik seperti ini. Mari kita baca bersama dan renungkan sedikit ucapan orang kuno tadi.

Ani adalah seorang pelayan di restoran mewah. Penghasilan bulanannya lebih dari $ 1.000. Dia adalah pelayan terbaik sekaligus tercantik disana.

Restoran tempatnya bekerja sangat mewah, tamu yang datang juga semuanya adalah orang kaya.

Ada kalanya, uang tip yang didapat dari satu orang tamu bisa sampai seratus dolar.

Ani sendiri sangat bangga bisa bekerja di sebuah restoran kelas atas. Dia berpikir bahwa dia memiliki kapasitas, dia cantik, pandai bicara dan pandai mengambil hati para tamu.

Suatu hari, saat bekerja, Ani harus bertemu dengan seorang petani tua, mengenakan pakaian yang sangat sederhana. Dia segera meremehkan pria itu.

Mengingat bahwa pria tua ini mungkin baru saja datang dari sebuah rumah di pedesaan, dia pasti tidak memiliki uang, jangan-jangan hanya ingin makan gratis.

ILUSTRASI. (Internet)

Ani segera menghampirinya. Pria itu segera berkata, “Beri saya segelas air putih dulu, saya haus.”

Ani menjawab “Di sini tidak ada air putih, hanya anggur dan minuman, jika Anda tidak mau memesan, silahkan segera pergi!”

“Saya sangat haus, tolonglah, saya hanya ingin minum dulu, setelah itu saya baru memesan makanan,” kata pria tua.

“Anda tidak akan mampu membayar makanan dan minuman disini, jangan buang waktu kami, pergilah!” Kata Ani keras.

Pria itupun berdiri, dan sebelum pergi, dia berkata, “Lakukan apapun yang diperlukan untuk memberi diri Anda waktu istirahat. Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk saling melihat nanti.”

Kata-kata pria tua itu sangat berarti, tapi Ani tidak mengerti arti kalimatnya saat itu.

Keesokan paginya, pagi-pagi saat restoran itu belum buka dan masih kosong, manajer restoran memanggil semua staf dan berkata, “Hari ini, pemilik sekaligus direktur restoran akan datang, bersiaplah!”

Mendengar bahwa direktur akan datang, Ani segera berdandan lagi di depan cermin, membuat penampilannya lebih indah dan serius.

“Direktur datang, pastinya dia harus memberikan kesan terbaiknya, supaya bisa mempromosikan, juga dinaikkan gajinya.”

Share

Video Popular