- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Bisa Jadi Kelak Anda Akan Minum “Susu Kecoak” dengan Nutrisi Tiga Kali Lebih Tinggi dari Susu Biasa

Erabaru.net. Sejak kecil, banyak orang yang punya kebiasaan minum susu untuk menyerap nutrisi dan kalsium, namun hal yang akan dibahas selanjutnya ini bisa jadi akan menghancurkan pandangan banyak orang …

Kelak di masa depan akan ditemui lagi sejumlah pilhan dari produk susu di pasaran, bukan saja kandungan nutrisinya jauh lebih tinggi dari susu biasanya, bisa mememuhi kalori dan nutrisi yang sangat baik, nutrisinya juga tiga kali lebih tinggi dari susu!

Kedengarannya mantap bukan ? Tapi … sumbernya berasal dari “makhluk yang tahan banting– kecoak.”

[1]

Menurut The Times of India, sekelompok ilmuwan India tengah mempelajari sejenis “kecoak Pasifik” satu-satunya di dunia (kecoak kumbang Pasifik).

[2]

Peneliti menemukan bagian tengah saluran pencernaan kecoa jenis Diploptera punctata mengandung kristal protein, yakni susu kecoak yang ternyata mengandung kristal protein bergizi tinggi.

Tiap kristal diperkirakan mengandung lebih dari 3 kali jumlah energi yang ditemukan dalam rata-rata produk susu sapi kebanyakan.

[3]

“Kristal ini seperti makanan lengkap dengan kandungan protein, lemak, dan gula. Jika Anda melihat rantai proteinnya, mereka punya semua asam amino esensial,” ujar Sanchari Banerjee, salah satu peneliti.

Karena sumber susu kecoak itu tak seperti susu sapi, mereka hanya membuat susu ini jadi bahan campuran suplemen atau makanan ringan.

Kecoak yang bisa diambil susunya juga tak sembarangan kecoak. “Pertama, tentu kecoak tersebut harus berkelamin betina, dan idealnya berumur 54 hari. Kecoak juga harus yang berspesies Diploptera punctate, yaitu kecoak yang ada di daerah Pasifik,” ujar peneliti Dr. Leonard Chavas.

[4]

Namun, karena ukuran kecoak yang kecil, produksinya masih belum mencukupi, para peneliti masih bereksperimen cara menghasilkan susu kecoak dalam jumlah besar.

[5]Tapi masalahnya, apa Anda berani minum susu kecoak.

Jadi, apakah susu kecoak bisa masuk pasar kompetitif sebagai makanan sehat ? Menurut para peneliti, tidak semudah itu.

[6]

Pertama, secara teori, susu kecoak bisa saja dikonsumsi manusia. Namun, peneliti masih belum memiliki cukup bukti bahwa susu ini benar-benar aman untuk dikonsumsi manusia.

Kedua, tidak mudah untuk memerah kecoak, yang jumlahnya terbatas, untuk mendapatkan cukup kristal susu yang bisa memenuhi kebutuhan pasar dunia.

Ketika, bagi sebagian orang, binatang ini dikatakan sangat menjijikkan. Tidak semua kecoak bisa menghasilkan susu, hanya jenis kecoak kumbang pasifik yang dapat menghasilkan susu karena jenis ini tidak bertelur.(jhn/yant)

Sumber: Tw.ptt01.cc/.Jhn