Erabaru.net. Seorang bocah cilik berusia 2 tahun dari Provinsi Zhejiang, Tiongkok meninggal karena keracunan makanan.

Usai menyantap kacang ginkgo (ginkgo biloba) dari neneknya, tubuh si bocah bernama Huan-huan mulai terlihat aneh.

Perubahan-perubahan halus ini, tidak bisa segera diketahui neneknya, satu jam kemudian, Huan-huan jatuh ke lantai dan mulai kejang-kejang.

Hal ini sangat mengejutkan neneknya, kemudian sang nenek yang tak berdaya ini segera menghubungi kedua orangtua si bocah, dan mengantarnya ke rumah sakit.

Internet

Dalam perjalanan ke rumah sakit, bocah itu sudah tidak sadarkan diri. Denyut jantungnya juga perlahan-lahan melemah.

Internet

Ketika sampai di depan pintu rumah sakit, napas si bocah sudah tersengal-sengal, dan meskipun tim dokter sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkannya, namun malang… bocah itu akhirnya meninggal.

Huan-huan dibawa ke kamar mayat, segenap keluarga hanya bisa meratap sedih atas kepergian Huan-huan.

Internet

Apa sebab yang mengakibatkan bocah itu tewas? Apa yang tersembunyi dibalik tragedi itu?

Dokter menjelaskan bahwa anak itu mengalami keracunan akut, dan waktu penyelamatan yang tertunda, sehingga menyebabkan gagalnya upaya penyelamatan.

Anak itu keracunan karena makan ginkgo yang berlebihan, kacang ginkgo rasanya manis, sedikit pahit, dan beracun.

Orang dewasa hanya boleh makan 15 butir sehari, sementara anak-anak yang makan 10 butir sehari akan memicu terjadinya keracunan.

Internet

Catatan Penting : Dilarang memberi kacang ginkgo kepada anak-anak dibawah usia 5 tahun! Jika tidak, akan berakibat fatal.

Kacang ginkgo kaya nutrisi, dan disukai banyak orang, tapi tidak tahunya bisa berujung pada kematian jika makan berlebihan, jadi dihimbau sebaiknya hati-hati saat menyantap ginkgo.

“Karena Huan-huan suka makan ginkgo, saya pun mengupas untuknya, dan saya juga tidak terlalu memperhatikan ketika melihatnya begitu senang makan ginkgo. Tapi tak tahunya makanan ini merenggut nyawa cucuku…” ratap nenek Huan-huan sambil menangis terisak.

Ternyata Ginkgo biloba adalah semacam obat, umumnya tidak baik dikonsumsi layaknya makanan ringan. (jhn/rp)

pixpo.net

Share

Video Popular