Erabaru.net. Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya hidup bahagia dan bersikap baik dalam hubungan sosial.

Ada seorang ibu di Amerika Serikat yang mengajar dengan cara yang sederhana namun sarat makna kepada anak perempuannya yang berusia 11 tahun.

Dan yang tak disangka, pesannya itu dibagi hingga jutaan kali setelah dia mengunggah ke akun facebooknya.

Sementara cara yang dia gunakan sangat sederhana, yaitu piring dan pasta gigi yang pastinya dimiliki setiap keluarga di rumah?

ILUSTRASI. (res.cloudinary.com)

Melansir laman USA Today, pada tahun 2014 lalu, Paul dan Amy Gardner mengadopsi sepasang saudara perempuan masing-masing bernama Breonna yang berusia 9 tahun dan Bridget yang berusia 5 tahun.

Sebelum diadopsi suami isteri Gardner, kedua bersaudara perempuan ini menjalani hidup yang getir, karena itu, mereka mencurahakn segenap pikiran dan waktu ekstra terhadap perkembangan Emotional Quotient atau kecerdasan emosional kedua anak tersebut.

Satu hari menjelang Breonna mulai masuk di bangku SMP, Amy merasa harus berbagi pengalaman hidup yang penting dengan putrinya.

“Saya mendapatkan ide ini saat saya sedang menggosok gigi pada suatu malam.”

Dia berkata kepada putrinya pada malam itu ingin ngobrol tentang tatacara “berbicara”, agar kelak setelah dewasa bisa bertanggung jawab atas setiap ucapan dan tindakannya.

Malam itu, Amy mengambil pasta gigi dan piring, lalu memencet seluruh isi pasta gigi dan dituang ke piring.

Kemudian ia meminta putrinya berusaha mengembalikan isi pasta gigi itu seperti semula, namun Breonna menjawab, “Tapi aku tidak bisa, bu! Tidak mungkin lagi bisa dikembalikan seperti semula!”

Lalu Amy mengatakan kepada putrinya, kamu harus ingat dengan logika sederhana ini, dan jangan lupa dengan pasta gigi ini, “Ucapanmu sama seperti pasta gigi ini, begitu kamu mengucapkan sesuatu, maka ucapanmu itu tidak akan bisa dijilat kembali.”

Amy berbagi tentang “pasta gigi ini” ke facebook dan menulis pedoman hidup kepada putrinya, “Seumur hidup kamu harus ingat pasta gigi ini. Ucapanmu memiliki kekuatan yang menentukan hidup dan mati kamu, dan sudah saatnya bagi kamu untuk memahami akan bobot ucapanmu menjelang kamu akan duduk di bangku SMP.”

“Kata-katamu bisa setajam silet, meremehkan, memfitnah, menyakiti orang lain, tapi juga bisa menghibur, membangkitkan semangat, memotivasi dan menyayangi orang lain. Mungkin ada kalanya kamu akan membuat pilihan yang salah. Karena itu harus hati-hati saat berbicara dan bertindak, Breonna, saat ada yang mengatakan sesuatu yang buruk, ingat jaga mulut-mu (ucapan) sendiri.”

ILUSTRASI. (klimg.com)

“Buatlah pilihan setiap pagi di dalam hatimu, agar apa yang kamu katakan itu membawa vitalitas, dan siapa tahu mungkin kamu akan menjadi orang yang membawa energi kehidupan di sekolah.”

Demikianlah ibu Amy menggambarkan secara hidup sebuah kebenaran yang sederrhana melalui hal-hal biasa dalam kehidupan sehari-hari.

Kata-kata dapat mempengaruhi orang lain, menyakiti (perasaan) orang lain, sekaligus juga dapat menghibur orang lain. Amy berharap putrinya mengerti bahwa kata-kata yang terucap akan berakar di hati sertiap pendengarnya.

Amy mengaku bahwa perumpamaan itu sebenarnya bukan idenya, ia hanya menggambarkan metafora itu untuk mempersiapkan perjalanan hidup putrinya di masa depan, karena dia merasa sangat cocok.

“Sebagai orang tua, saya ingin Breonna menarik kekuatan saya, dan memetiknya dari pengalaman saya. Saya mencoba yang terbaik mempersiapkan untuk bekal hidupnya di masa depan.”

Pelajaran hidup tentang “Pasta gigi” ibu Amy sejauh ini telah dibagi lebih dari 1,2 juta kali di media sosial.

Banyak netizen yang memujinya karena pendidikan interaktif orang tua-anak yang diunggahnya itu patut dipelajari.

Pendekatan pendidikan yang unik ibu Amy itu telah mendapat pengakuan dari sejumlah besar orang tua.

Meskipun anak perempuannya itu bukan anak kandungnya, tapi mereka tetap memperlakukan anak-anak itu sebagai anak mereka sendiri, bahkan lebih bersemangat mendidik kedua anak perempuannya.

Benar-bnear orang tua yang sangat hebat dan bijaksana! (jhn/rp)

pixpo.net

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular