Erabaru.net. Masa liburan berakhir, kini anak-anak kembali ke bangku sekolah lagi! Namun, biasanya seusai liburan, banyak anak-anak yang tampak tidak bergairah harus kembali ke sekolah lagi.

Kadang  mereka berbicara sendiri sambil melangkah lesu ke sekolah : “Kenapa harus sekolah? Untuk apa sih sekolah?” Gumam mereka.

Nah Anda sebagai orangtua harus selalu punya jawaban yang tepat saat anak Anda bertanya mengapa mereka harus sekolah.

Seperti contoh percakapan seorang anak dan bapaknya ini:

“Ayah, kenapa sih harus sekolah?” Tanya seorang anak pada ayahnya.

”Nak, kamu tahu kan ? Jika sebatang pohon tumbuh setahun, itu hanya bisa digunakan sebagai pagar atau sebagai kayu bakar.

“Pohon yang berumur 10 tahun bisa digunakan sebagai penyangga atap rumah. Dan pohon besar yang berusia 20 tahun bisa digunakan sebagai balok atau pilar penyangga, furniture dan sebagainya.”

Jika seorang anak tidak sekolah, maka dia bisa menggembala domba pada usia 7 tahun, tapi dia hanya bisa menggembala setelah dewasa kelak, dan selain menggembala, dia tidak bisa (kerja) apa-apa.

Jika lulus dari sekolah dasar, bisa bercocok tanam di desa dengan beberapa teknik baru, atau bisa bekerja (kasar) di sebuah lokasi konstruksi di kota, menjadi satpam, atau bisa juga menjadi pedagang kecil, maka pengetahuan sampai di sekolah dasar juga sudah lebih dari cukup.

Share

Video Popular