- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Langkah Mudah Menyelamatkan Bayi atau Balita dari Tersedak oleh Benda-benda kecil dan Makanan

Erabaru.net. Ini adalah salah satu dari hal-hal yang benar-benar membingungkan para orang tua baru dan mereka yang belum menjadi orangtua – bayi dan balita seringkali tersedak oleh benda-benda.

Bayi dan balita sering memasukan apa pun dan segala sesuatu yang mereka lihat ke mulut mereka, meningkatkan kemungkinan tersedak dan menyebabkan kematian.

[1]

Sebagai orangtua, selalu awasi anak-anak Anda. Jangan biarkan mereka bermain dengan barang kecil yang bisa dimasukkan ke dalam mulut anak, yang bisa menyebabkan tersedak.

[2]

Berikut adalah beberapa langkah untuk mencegah anak tersedak:

Jangan biarkan anak Anda makan tanpa pengawasan. Jangan pernah, misalnya, mendudukkan anak Anda di kursi tinggi dengan beberapa makanan dan meninggalkan ruangan itu.

[3]

Setelah meminta beberapa orang tua apakah mereka tahu cara menyelamatkan bayi / balita yang tersedak.

St John Ambulance mengatakan: “Orangtua mengatakan kepada kami bahwa lebih dari 40% dari mereka telah menyaksikan bayi mereka tersedak.

“Dan ketika kami menanyai mereka tentang pertolongan pertama, kami menemukan bahwa lebih dari empat per lima tidak tahu harus melakukan apa dalam situasi ini.”

Jadi, untuk memberikan informasi kepada orang tua tentang cara menyelamatkan anak-anak mereka dari tersedak, mereka merilis pesan-pesan ini untuk memperingatkan para orang tua, calon orang tua, dan bukan orangtua.

[4]
(Foto: abc.net.au)

Langkah Ke- 1 : Letakkan bayi ke bawah di lengan bawah Anda. Dengan menggunakan tumit tangan Anda, berikan pukulan di punggung yang tetap di antara tulang belikatnya.

Berikan lima pukulan di punggung, dan periksa di antara setiap pukulan untuk melihat apakah benda yang menyumbat telah dibersihkan.

Langkah ke- 2: Jika penyumbatan belum bersih, baringkan bayi dengan punggungnya, letakkan dua jari di tengah dadanya, dan berikan padanya lima tonjolan dada – seperti penekanan CPR tapi lebih lambat dan lebih tajam.

Periksa untuk melihat apakah penyumbatan telah dibersihkan setiap kali mendorong.

Langkah ke-3: Jika bayi masih tersedak, periksa apakah seseorang telah memanggil ambulans dan kembali melakukan lima pukulan di punggung dan lima dorongan di dada sampai bantuan darurat tiba.

Jika pada suatu saat bayi menjadi tidak sadarkan diri, mulailah melakukan CPR pada bayi.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.