Erabaru.net. Merokok bisa membunuhmu – semua perokok sangat menyadari fakta ini. Namun, hanya sedikit yang tahu kalau mereka sebenarnya juga membahayakan anggota keluarganya melalui asap rokok, dan Nalini Satyanarayan adalah satu dari korban yang tidak beruntung itu.

Wanita berusia 70 tahun dari India itu belum pernah meletakkan sebatang rokok di tangannya sebelumnya, tapi dia memang punya suami yang menjadi perokok berat.

(Foto : The Better India)

Menurut The Better India dan Indian Express, Nalini menikah dengan suaminya pada tahun 1972 dan suaminya punya kebiasaan merokok ketika memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Tidak ada yang bisa dilakukan Nalini untuk membuatnya berhenti merokok.

Saat suaminya berusia 45 tahun, ia mengalami stroke ringan tapi tetap saja hal itu tidak menghentikannya dari kebiasaan merokok.

Lima tahun kemudian, dia mengalami serangan jantung yang parah dan berhenti merokok sejak saat itu. Sayangnya, sembilan tahun kemudian, ia meninggal dunia dalam tidurnya.

Meski Nalini terbebas dari asap rokok selama bertahun-tahun, akhirnya ia terkena kanker pita suara. Semuanya dimulai pada tahun 2009 ketika suaranya tiba-tiba menjadi lemah dan semua obat yang diresepkan tidak membantu kondisinya.

(Foto : The Better India)

Setahun kemudian, dokternya menyampaikan kabar tersebut kepadanya bahwa dia didiagnosis menderita kanker pita usia pada usia 62 tahun.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular