Erabaru.net. Bagaimana perasaan Anda jika bisa menyelamatkan nyawa jutaan orang? Tidak setiap hari kita menemukan seorang manusia super dengan kemampuan langka seperti itu.

Kenali James Harrison, 78 tahun, dari Australia yang telah menyelamatkan nyawa hampir dua juta bayi dengan menyumbangkan plasma darahnya.

(Foto : Facebook | Brain-Sharper)

Semuanya dimulai pada tahun 1951 saat Harrison berusia 14 tahun dan menjalani operasi dada saat salah satu paru-parunya diangkat.

Ayahnya memberi tahu dia setelah operasi bahwa dia telah menerima 13 liter darah dari orang yang tak dikenal yang membuat ia masih bernapas.

Saat itulah Harrison berjanji pada dirinya sendiri bahwa dia juga akan menjadi pedonor darah untuk menyelamatkan nyawa saat dia cukup umur.

Begitu berusia 18 tahun, Harrison mulai menyumbangkan darah, dan sampai saat ini, dia telah menyumbangkan darah lebih dari 1000 kali.

Tapi bukan hanya itu! Dokter segera menemukan bahwa darah Harrison mengandung antibodi yang mencegah bayi meninggal karena penyakit Rhesus, suatu bentuk anemia berat yang berpotensi mematikan ketika antibodi dalam darah wanita hamil menghancurkan sel darah bayinya.

Share

Video Popular