Erabaru.net. Vitamin B4, juga di sebut dengan adenin adalah vitamin yang larut dalam air yang bertindak sebagai enzim bersama dengan senyawa lain dan terutama berfungsi untuk mempercepat proses menghasilkan energi dalam tubuh.

Vitamin B4 sangat penting untuk pembentukan DNA dan RNA. Fungsi lain vitamin B4 adalah mempermudah pembentukan sel, memastikan perkembangan jaringan yang sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Vitamin B4 mencegah terjadinya insomnia, anemia, nyeri kepala, kadar kolesterol yang tinggi, gangguan pencernaan, batu empedu, keriput, jerawat, dan lain-lain. Kekurangan vitamin B4 dapat menyebabkan kelainan kulit, kelainan darah, vertigo, kelelahan, kelemahan otot dan suasana hati yang tertekan.

Berikut beberapa makanan yang kaya akan vitamin B4:

1. Madu mentah

Sejak zaman kuno, madu mentah telah digunakan untuk berbagai macam penggunaan spiritual, kosmetik dan obat. Madu mentah mengandung vitamin B4, yang secara nutrisi lebih tinggi dibanding madu olahan. Belilah madu mentah organik untuk dimakan sesekali.

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin B, termasuk vitamin B4, seperti gandum, gandum, jelai, nasi, jagung dan gandum hitam, yang menyediakan karbohidrat yang digunakan tubuh untuk energi. Bagian terluar dari gandum, dedak dan selasih sebagian besar mengandung vitamin dan mineral.

3. Roti gandum

Roti gandum menyediakan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B4 serta karbohidrat untuk energi dan mineral seperti besi dan selenium untuk kesehatan jaringan.

4. Cengkeh

Cengkeh telah digunakan selama ribuan tahun di India dan Tiongkok, tidak hanya sebagai bumbu tetapi juga sebagai obat. Cengkeh kaya akan vitamin B4, yang bila dikonsumsi dapat menurunkan mual dan mencegah diabetes.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular