Erabaru.net. Saya bukan orang yang pembersih. Sebenarnya, saya membuat tunangan saya kesal karena betapa berantakannya saya. Saya selalu seperti ini dan saya pikir orang lain juga begitu.

Saya sudah mencoba menghabiskan waktu sepanjang hari untuk membersihkan semuanya, tapi apa pun yang saya lakukan, lingkungan saya selalu berakhir menjadi berantakan, seolah ada angin puyuh yang muncul secara acak di dalam apartemen saya.

Seiring waktu, saya menerima bahwa saya memang tipe orang seperti itu dan hanya bisa menghadapinya.

Sampai saya bertemu Marie Kondo.

Wanita ini telah mengubah cara saya memahami kebersihan – dan saya bukan satu-satunya. Bukunya, “The Life-Changing Magic of Tidying Up” (2010), telah terjual lebih dari 6 juta kopi di seluruh dunia. Pada tahun 2015, Kondo terdaftar sebagai salah satu dari “100 orang paling berpengaruh” Time Time.

Tapi saat itu pun, saya masih belum yakin apakah dia benar-benar nyata. Jadi kami mengenalkan bukunya ke saudara perempuan tunangan saya, yang dikenal di keluarga karena ketidakrapiannya. Setelah membaca bukunya, hasilnya di bawah ini berbicara sendiri.



Hanya perubahan sementara yang mendadak? Ini sudah berbulan-bulan sejak saat itu dan ia belum kambuh memakai caranya yang lama sama sekali – dan begitu juga dengan yang lainnya yang menyebut diri mereka ‘Konvert’

Kondo menemukan gairahnya untuk merapikan saat ia berusia 5 tahun. Selama di sekolah dasar, dia sering ditemukan di ruang kelas sedang mengatur rak buku ketika teman-teman sekelasnya bermain di luar.

Share

Video Popular