Erabaru.net. Menatap layar ponsel dalam kegelapan, berisiko mengalami kebutaan ! Berhati-hatilah jika sudah terbiasa menggeser layar ponsel menjelang tidur, karena fatal akibatnya.

Baru-baru ini semakin banyak pasien berusia 30 sampai 40 tahun-an antri di klinik, karena mereka dengan penuh semangat langsung menggeser layar ponselnya kesana kemari setelah mematikan lampu menjelang tidur.

Ilustrasi. (Internet)

Sinar dari telepon genggam yang langsung merasuk ke mata selama 30 menit atau lebih, mengakibatkan degenerasi macular-Kondisi medis kronik yang tidak dapat diperbaiki, yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral karena kerusakan makula atau bagian tengah retina , yang menyebabkan penglihatan menurun secara tajam, terutama degenerasi macular yang tidak dapat dibalik atau dengan kata lain tidak dapat diperbaiki dan dikembalikan seperti keadaan semula .

Begitu terkena degenerasi makula, itu sama saja dengan kanker mata, hanya menunggu kebutaan mengiringi hidup Anda selamanya, karena tidak bisa diobati dengan kedokteran modern, apalagi disembuhkan, jangan harap.

Sinar dari layar ponsel menjadi sangat terang dalam kegelapan ketika mematikan lampu, menatap layar ponsel yang sangat terang dalam gelap dalam jarak dekat, dimana energi tinggi dari sinar itu langsung merasuk ke mata dan merusak makula.

Dokter mengatakan bahwa sebagian besar degenerasi makula merupakan gejala orang tua, namun baru-baru ini cenderung menimpa pada pasien usia muda.

Ilustrasi. (Internet)

Di antaranya adalah pasien berusia 30 sampai 40 tahun meningkat sebesar 30%, sebagian besar adalah pengguna ponsel pintar.

Namun, setelah lampu dimatikan, tidak peduli apakah menggeser layar ponsel atau tablet, dimana bukan hanya akan mengalami degenerasi makula, tapi juga akan menyebabkan mata kering pada tahap awal. Jika parah, maka katarak akan datang lebih awal kepada Anda dan bahkan kehilangan penglihatan kemudian perlahan-lahan menjadi buta.

Pada lesi awal, harus menjalani proses terapi laser atau injeksi steroid, baru berpeluang untuk disembuhkan.

Dokter menyarankan bahwa, selain menambahkan lebih banyak lutein, hal yang paling penting adalah menyingkirkan kebiasaan buruk menggunakan ponsel.

Ilustrasi. (Internet)

Karena tak tahan ingin mengutak-atik sebentar layar ponsel menjelang tidur, sehingga mengakibatkan cedera (mata) seumur hidup.

Demi Anda sendiri dan keluarga, sekali lagi dan lagi dihimbau sebaiknya singkirkanlah jauh-jauh ponsel Anda setelah mematikan lampu, ingat penyesalan selalu datang terlambat!.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular