Erabaru.net. Di California bagian selatan, ada sebuah sekolah menengah atas yang terkenal dengan “sekolah paling buruk” yakni Garfield High School. Siswa yang diterima di sekolah menengah atas termurah ini semuanya adalah anak-anak dari keluarga miskin yang tidak mampu membayar uang sekolah.

Orang-orang bilang itu adalah sebidang tanah busuk yang dilupakan oleh Tuhan, dimana anak-anak di lingkungan ini ditakdirkan tidak memiliki cahaya dan masa depan. Namun, keajaiban terjadi sejak munculnya seorang guru bernama Jaime Esscalante.

Dia telah mengirim lebih dari 400 murid nakal dan tak memiliki masa depan itu ke Harvard dan Yale, universitas top dunia, dan menulis ulang nasib beberapa generasi.

Cerita berawal pada tahun 1974, Jaime yang berusia 44 tahun ketika itu, mengajar matematika di SMA Garfield High School, California selatan ini.

Namun, ia tak menyangka, usahanya selama bertahun-tahun ternyata mengantarnya ke sebuah sekolah yang berantakan seperti itu.

Semua muridnya memakai pakaian pelajar yang tidak semestinya, bentuk meja dan kursi tidak karuan, intinya serba kacau dan berantakan, dan para muridnya selalu berteriak : “Kami tidak suka pelajaran matematika, hanya ingin pelajaran seks!”

Beberapa siswa nakal berkata sambil menunjuk jari telunjuk ke arahnya : “Kami tidak suka Anda di sini.”

Share

Video Popular