Erabaru.net. Kita tahu bahwa setiap mobil membutuhkan mesin dan bahan bakar untuk berfungsi, bukan? Begitu pula, tubuh manusia pun dapat berfungsi secara sehat, bila laju metabolismenya optimal!

Metabolisme dapat digambarkan sebagai sekelompok proses kimia yang terjadi di dalam tubuh manusia agar dapat mempertahankan fungsi normalnya.

Jika laju metabolisme tidak sesuai dengan sasaran, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari kelelahan dan berakhir pada penyakit berbahaya seperti diabetes dan kanker!

Bertambahnya berat badan, sulit menurunkan berat badan, kulit kering, tidak fleksibel, kelemahan umum, ngidam gula, kekebalan tubuh yang rendah terhadap penyakit, dan lain-lain, adalah efek samping dari laju metabolisme yang lamban.

Diet seimbang dan olahraga teratur dapat mempertahankan laju metabolisme yang sehat.

Ada beberapa kebiasaan yang dapat memperlambat laju metabolisme secara bermakna, yaitu:

1. Makan pemanis buatan

Banyak makanan dan minuman saat ini mengandung pemanis buatan dalam jumlah tinggi dan mengklaim kadar lemaknya rendah, sehingga orang mengganti gula biasa dengan pemanis buatan.

Namun, banyak penelitian membuktikan bahwa pemanis buatan mengandung toksin (racun), yang menurunkan laju metabolisme secara bermakna dan menyebabkan penyakit seperti diabetes, penyakit otak, dan lain-lain.

2. Kurang makan kalsium

Banyak orang saat ini mengikuti pola makan vegan, di mana tidak makan produk susu dan susu. Susu adalah salah satu sumber kalsium alami terbaik dan bila susu benar-benar dihindari, akan menyebabkan kekurangan kalsium pada manusia.

Kekurangan kalsium dapat memperlambat laju metabolisme. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi cukup kalsium atau suplemen kalsium secara teratur.

3. Melewatkan makanan

Apakah karena alasan untuk menurunkan berat badan atau karena kurangnya waktu, banyak orang cenderung melewatkan makan setiap hari dan makan pada waktu yang tidak semestinya!

Kebiasaan ini dapat memperlambat laju metabolisme sehingga membuat tubuh menjadi bertambah gemuk, seiring dengan menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya. Jangan melewatkan makan, terutama sarapan pagi.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular