Jangan Minum Air Saat Duri Ikan Tersangkut di Tenggorokan, Sebaiknya Segera Lakukan Seperti Ini ! Banyak Kasus yang Fatal Karenanya

118
duri ikan

Erabaru.net. Tahukah Anda cara mengatasi duri ikan yang tersangkut di tenggorokan? Apa yang sebaiknya dilakukan jika kebetulan duri ikan tersangkut di tenggorokan ?

Pertama, jangan lagi menelan apa pun, jangan minum air, tarik keluar jika memang masih bisa dikeluarkan, kalau tidak sebaiknya segera ke dokter!

Coba minta bantuan orang lain untuk melihat-lihat dengan menggunakan senter, jika durinya terlihat dan tidak terlalu dalam, Anda bisa mengeluarkannya dengan pinset.

Jika tidak bisa atau sakit yang tak tertahankan, sebaiknya segera ke dokter. Dan ingat, jangan menggunakan cuka, menelan roti tawar, kulit jeruk, ini adalah cara yang keliru ! Jika dipaksakan untuk menelan, akan menggores esofagus, dan menyebabkan infeksi.

Kasus pertama : Korban tewas !

Seorang wanita menelan nasi kepal saat duri tersangkut di tenggorokannya , sehingga menyebabkan infeksi, bernanah, dan tewas.

Saat sedang asyik menyantap ikan, tiba-tiba duri ikan tersangkut di tenggorokan seorang wanita asal Wuhan, Tiongkok, kemudian dia pun mengatasinya dengan menelan dua kepal nasi sekaligus.

Dua hari kemudian ia mulai merasakan nyeri di dada, demam, dan bahkan syok. Setelah pemeriksaan gastroskopi di rumah sakit, dokter menemukan suatu benda seperti duri ikan sekitar 2 cm di tenggorokannya. Karena pendarahan hebat, dokter gagal menyelamatkan nyawanya.

Kasus kedua : Penanganan darurat

Sebatang halus duri ikan sepanjang 2,2 cm hampir merenggut nyawa seorang nenek berusia 62 tahun.

Siang pada 12 Mei tahun lalu, duri ikan nyankut di tenggorokan nenek Zhang saat sedang menyantap ikan.

Awalnya dia ingin mengatasi ketidaknyamanannya itu dengan cara menelan paksa, tapi akibatnya duri ikan justru menembus kerongkongan dan hanya berjarak 3 mm dari lengkung aorta vaskular terbesar di tubuh manusia, sehingga menyebabkan bahaya yang mengancam jiwa.

Untungnya, dokter spesialis gastroenterologi di rumah sakit Xinqiao, Tiongkok, berhasil mengeluarkan duri ikan tersebut dengan teknik endoskopi yang terampil, sehingga menyingkirkan bahaya yang mengancam nyawa si nenek.