Erabaru.net. Anak adalah buah hati ibu yang dikandungnya selama sembilan bulan dan darah daging orangtua. Namun, terkadang si anak selalu menjauh dari pandangan orangtua, sendirian menghadapi beberapa kondisi yang tak terduga.

Sebagai contoh berikut ini misalnya, baru-baru ini ada suami istri ke supermarket sambil menggandeng putra mereka yang berusia sekitar 4 atau 5 tahunan.

Setelah berbelanja, si ibu pun ke kasir membayar dulu barang-barang belanjaannya, sementara si ayah memanfaatkan kesempatan itu bersembunyi tidak jauh dari anaknya, ingin melihat reaksi anaknya saat tiba-tiba tidak melihat kedua orangtuanya.

Ketika tidak melihat orangtuanya, hal pertama yang dilakukan anak itu adalah mencari orangtuanya di sekitar, dan memanggil beberapa kali, tapi dia tidak jua melihat orangtuanya.

Orang-orang yang lewat di sekitarnya pun hanya melihatnya, beberapa diantaranya malah tersenyum geli melihat tingkahnya yang diam seperti merenung, dan mereka pikir bocah itu akan menangis.

Tapi tak disangka, bocah itu berjalan ke meja kasir, kemudian ke arah pintu keluar, dan berkata kepada satpam, tak lama kemudian terdengar suara panggilan : “Kepada orangtua dari Xiao Hao, dimohon perhatiannya, anak Anda menunggu di tempat penitipan barang, tolong segera ke sana untuk menjemput anak Anda !” Kata petugas secara berulang melalui speaker supermarket.

Bocah itu dibawa ke ruang tunggu diikuti oleh kedua orangtuanya dari belakang. Orangtua si bocah bertanya kepadanya darimana ia mendapatkan ide untuk menemui satpam.

“Guru TK bilang, kalau kehilangan ayah-ibu di suatu tempat, maka segera minta bantuan bapak polisi,” kata si bocah polos.

Orangtua si bocah tampak tersenyum senang sambil menggendongnya, sementara itu, orang-orang di dalam supermarket berkata : “Awalnya saya ingin bertanya kepada anak itu, tapi tak disangka dia justru minta bantuan satpam supermarket, benar-benar pintar bocah itu!”

Orangtua si anak kemudian menjelaskan, bahwa mereka memang sengaja melatih anaknya, dan biasanya juga membiarkannya menyelesaikan urusannya sendiri di rumah, kali ini kami ingin melihat bagaiman reaksinya saat menghadapi sesuatu yang tak terduga.

Entah bagaimana reaksi anak Anda ketika menghadapi hal seperti di atas, apakah bisa setenang dan secerdik bocah di atas atau justru langsung menangis histeris ?

Pada kesempatan ini ada baiknya menanamkan beberapa kesadaran tentang keselamatan diri pada anak-anak untuk menghadapi kemungkinan yang tak terduga.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular