Erabaru.net. Setiap tahun, negara bagian di Pantai Timur Malaysia seperti Terengganu dan Kelantan terkena banjir serius yang tidak hanya menghancurkan bangunan dan rumah namun juga menyebabkan banyak penduduk terjebak dalam banjir.

Karena itu, Amin Mohamed, 31 tahun, pengusaha dan pemasok aluminium dan kaca di Kampung Bukit Tanah, Pasir Puteh, Kelantan, Malayisa, membuat sebuah sepeda motor yang bisa mengarungi banjir.

Dengan imajinasi yang tinggi dan kreativitasnya, Amin hanya menghabiskan RM500 (sekitar 1,7 juta rupiah) untuk keseluruhan proses pembuatan desain inovatif tersebut.

Sepeda motor khusus ini menggunakan mesin Honda C70 dan dilengkapi dengan ban sepeda motor di depannya dan dua ban mobil biasa pada bagian belakang motor.

“Saya mulai membuat sketsa desain motor ini pada bulan Januari dan terus melakukan perubahan sketsa di saat saya luang.”

Dia menambahkan lagi, “Saya hanya menggunakan suku cadang daur ulang dan barang-barang yang sudah saya miliki untuk menghindari biaya produksi yang tinggi. Sepeda motor ini tidak untuk dijual. (Sepeda motor) ini hanya untuk kepuasan pribadi saya.”

Sepeda motor ini dikatakan bisa melewati banjir sedalam 1 meter namun lebih banyak improvisasi dibutuhkan Amin untuk menggunakannya melewati banjir yang lebih serius dan lebih besar.

“Sejujurnya, motor ini belum selesai tapi saya terlalu bersemangat untuk menungganginya saat daerah Selinsing terkena banjir.”

Karena gagasannya yang inovatif, Amin menjadi pembicaraan di kota tersebut. Ia juga menjadi terkenal di media sosial dan penggemar berkumpul di rumahnya hanya untuk melihat hasil kreasinya.

Selain itu, Amin juga mendapatkan banyak pesan di akun Facebook-nya yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang sepeda motor tersebut.

Amin mengatakan, “Sepeda motor tidak hanya bisa melewati banjir, tapi juga mampu dan cukup kokoh untuk segala jenis permukaan.

“Saya berencana untuk menambahkan beberapa aksesoris ke motor agar lebih menarik dan menambahkan fungsi baru yang mungkin diperlukan.”

Pujian untuk Amin atas ide briliannya ini! Kami sudah pasti menantikan untuk dapat melihat motornya yang telah selesai secepatnya.(iin/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular