Erabaru.net. Ini adalah pohon besar dengan buah nangka yang bergelantungan. Nangka, salak, mangga, belimbing merupakan empat jenis pohon buah yang cukup banyak ditemui di halaman pedesaan.

Nangka adalah buah tropis, juga merupkan buah terberat di dunia, biasanya berbobot 5-20 kg, paling berat bisa mencapai lebih dari 59 kg. Daging buahnya harum-segar-manis dan bisa diolah menjadi buah kaleng, manisan buah atau jus buah dan semacamnya.

Bijinya kaya akan pati, bisa direbus sebagai makanan (camilan) ; Getah pohon dan daunnya berkhasiat sebagai obat, menawar racun dan meredakan pembengkakan ; dagingnya berkhasiat sebagai pelepas dahaga, melancarkan cairan ASI pasca melahirkan, sebagai suplemen dan menguatkan energi vital ; Indikasi: Enteritis kronis, mengobati luka luar dan perdarahan atau borok.

Pohon nangka terbentuk merata, buahnya khas, adalah pohon teduh yang indah ; Pohon nangka yang berusia ratusan tahun, bahannya kokoh dan berwarna kuning keemasan, bisa dibuat perabotan rumah tangga, juga bisa untuk bahan pewarna kuning.

Berdasarkan kondisi, daging buah nangka terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:Nangka bubur: daging buah tipis, lunak agak berserat, beraroma keras mudah lepas dari buah. Nangka salak: daging buah tebal, agak kering aromanya kurang keras. Nangka cempedak: daging buah tipis, liat-kenyal dan beraroma harum spesifik.

Buah nangka yang disukai oleh konsumen adalah yang daging buahnya tebal, besar, berbiji kecil manis lunak dan harum. Buah yang matang dari nangka berwarna kuning-kuning kecoklatan atau hijau dengan aroma yang sangat harum, memiliki daging yang tebal agak keras, warnanya kuning keemasan, kuning kemerahan dan kuning keputih-putihan.

Biji nangka adalah sumber vitamin B berupa thiamine dan riboflavin. Keduanya berguna untuk mengubah makanan menjadi energi dan menjaga kulit, mata dan rambut tetap sehat.

Riboflavin juga berguna sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Mineral yang terkandung dalam biji nangka adalah zinc, zat besi, kalsium, tembaga, kalium dan mangan. Seluruh mineral ini baik untuk sistem imun, pembentukan sel darah merah, memperkuat tulang dan mengontrol tekanan dan gula darah

Nangka juga sangat baik bagi mereka yang berginjal buruk, bisa diolah sebagai (makanan) bubur, untuk masakan dan sebagainya, rasanya unik dan harum, juga kaya akan gizi!(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular