Erabaru.net. Vitamin B5 (asam pantotenat) adalah vitamin yang larut dalam air yang ditemukan di semua sel hidup dalam tubuh. Vitamin B5 berperan penting dalam memetabolis energi, bertindak sebagai ko-enzim untuk menghasilkan reaksi kimia penghasil-energi.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B5 memainkan banyak peran penting dalam tubuh, termasuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi, menyeimbangkan kadar gula darah, mengurangi kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah, dan mencegah kerusakan saraf dan nyeri.

Vitamin B5 juga sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan dalam pembuatan sel darah merah.

Kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan kelelahan, depresi, mudah tersinggung, insomnia, nyeri perut, muntah, infeksi saluran pernapasan bagian atas dan kram otot.

Berikut makanan yang kaya akan vitamin B5 dan manfaatnya:

1. Jamur

Jamur kancing warna putih, jamur coklat dan jamur tiram mengandung sebagian besar vitamin B5. Dalam 100 gram jamur menyediakan 36 persen kebutuhan vitamin B5 yang dianjurkan setiap hari.

2. Telur

Telur merupakan sumber protein hewani lain yang kaya akan vitamin B5. Satu telur matang mengandung 7 persen vitamin B5. Jadi, mulailah meningkatkan asupan telur untuk menaikkan vitamin B5 Anda.

3. Ubi jalar

Ubi jalar menyediakan 10 persen kebutuhan vitamin B5. Meskipun tinggi kalori dan rendah lemak, ubi jalar tidak berbahaya bagi tubuh.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular