Erabaru.net. Apakah anda sering menderita nyeri tungkai bawah? Nyeri tungkai bawah merupakan masalah umum yang dialami orang dari semua kelompok usia. Nyeri dapat berupa dari nyeri tumpul sampai sensasi menusuk yang parah, yang dapat terjadi pada salah satu atau kedua tungkai bawah.

Terkadang, nyeri tungkai bawah sangat tidak nyaman dan menyebalkan, sedangkan nyeri tungkai bawah yang parah dapat mempengaruhi mobilitas atau menambah beban berat badan pada tungkai bawah.

Berbagai penyebab nyeri tungkai bawah meliputi kram kaki, kejang otot, kelelahan otot, kekurangan nutrisi, dehidrasi atau berdiri untuk waktu yang lama.

Terkadang, nyeri tungkai bawah dapat menjadi pertanda ketegangan otot, patah tulang akibat stres dan kondisi medis lainnya. Gejala nyeri tungkai bawah mencakup kelemahan, mati rasa atau sensasi kesemutan di tungkai bawah.

Untuk mengurangi nyeri tungkai bawah, berikut adalah beberapa tips sederhana namun efektif untuk mengobati nyeri tungkai bawah.

1. Kompres dingin

Nyeri tungkai bawah kadang terjadi setelah aktivitas fisik berat dan menyebabkan mati rasa di tungkai bawah. Beri kompres dingin untuk mengendalikan pembengkakan dan peradangan.

  • Bungkus beberapa es batu dengan handuk dan taruh pada area yang nyeri selama 10-15 menit.
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari.

2. Pijat

Memijat tungkai bawah akan lebih cepat memulihkan kerusakan otot, si penyebab nyeri tungkai bawah serta meningkatkan peredaran darah di tungkai bawah.

  • Gosokkan minyak kelapa atau mustard hangat ke area yang nyeri.
  • Pijat tungkai bawah selama 10 menit dan lakukan 3 kali dalam sehari.

Share

Video Popular