Erabaru.net. Vitamin B6 (piridoxin) adalah satu dari delapan vitamin yang larut dalam air. Vitamin B6 diperlukan untuk membuat asam amino dan berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dan neurotransmiter serta mengatur kadar gula darah.

Vitamin B6 sangat penting untuk membantu tubuh menjaga sistem saraf yang sehat, bertindak sebagai pereda nyeri secara alami, meningkatkan suasana hati dan membuat antibodi untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.

Meningkatnya asupan makanan kaya vitamin B6 akan mengurangi beberapa masalah kesehatan yang terkait dengan kekurangan vitamin B6 seperti peradangan kulit, depresi, stroke, anemia, perubahan suasana, kebingungan, nyeri otot, kelelahan, dan lain-lain.

Vitamin B6 sangat penting untuk fungsi saraf sehingga kekurangan vitamin ini akan menyebabkan kejang, migrain, nyeri kronis dan gangguan suasana hati seperti depresi.

Untuk melindungi diri dari kekurangan vitamin B6, berikut adalah daftar makanan kaya vitamin B6.

1. Susu

Secangkir susu sapi atau kambing menyediakan lima persen kebutuhan harian vitamin B6 yang dianjurkan. Susu juga mengandung sejumlah besar vitamin B12 dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan.

2. Daging

Daging unggas seperti kalkun dan ayam cukup banyak mengandung vitamin B6. Daging sapi juga mengandung kadar vitamin B6 yang tinggi, di samping berbagai nutrisi lainnya. Makanlah daging satu atau dua kali seminggu untuk mengurangi kekurangan vitamin B6.

3. Salmon

Salmon adalah salah satu ikan yang mengandung vitamin B6, yang penting untuk menjaga kesehatan adrenal yang baik.

Kelenjar adrenal menghasilkan hormon penting, termasuk kortisol, adrenalin, dan aldosteron. Hormon-hormon tersebut mengatur tekanan darah dan bekerja untuk mengendalikan tekanan darah.

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds