- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Minyak Atsiri yang Dapat Menghilangkan Ketombe

Erabaru.net. Kelenjar sebasea di kulit yang terlalu aktif dapat menyebabkan produksi minyak alami atau sebum yang berlebihan, yang akan menyebabkan berbagai kondisi kulit yang tidak menyenangkan dan tidak menarik.

Jenis kulit ini sangat rentan terhadap jerawat dan kerusakan. Itulah sebabnya, adalah sangat penting untuk mengelupas jenis kulit ini secara teratur guna mencegah penumpukan kotoran di pori, karena pori kulit yang tersumbat adalah penyebab paling umum untuk jerawat yang tidak sedap dipandang mata.

Berikut ini adalah scrub yang dibuat dari bahan alami yang ramah kulit dan sarat dengan khasiat yang dapat menghilangkan kelebihan sebum dan membersihkan pori kulit kepala.

[1]

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh bersifat anti-jamur yang dapat membasmi bakteri penyebab ketombe.

Caranya:

Tambahkan 5-6 tetes minyak pohon teh dalam shampo biasa, kemudian cuci kulit kepala dan rambut dengan ramuan tersebut. Lakukan perawatan ini setiap minggu di rumah untuk mendapatkan hasil yang bagus.

2. Minyak atsiri chamomile

Minyak atsiri chamomile bersifat anti-bakteri yang berkhasiat menghilangkan ketombe, menenangkan kulit kepala yang gatal dan memperbaiki tekstur rambut.

Caranya:

Campurkan 5-6 tetes minyak atsiri chamomile dengan minyak pembawa, kemudian pijat seluruh area kulit kepala dengan ramuan tersebut. Lakukan perawatan ini setiap minggu untuk hasil yang efektif.

[2]

3. Minyak atsiri nilam

Minyak atsiri nilam bersifat anti-peradangan dan anti-bakteri, serta ampuh untuk mengatasi ketombe.

Caranya:

Campurkan 5-6 tetes minyak atsiri nilam dengan 2 sendok teh minyak zaitun. Pijat kulit kepala dengan ramuan tersebut, kemudian biarkan selama 30 menit, lalu cuci bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

4. Minyak atsiri kayu putih

Minyak atsiri kayu putih membasmi bakteri penyebab ketombe dan meredakan gatal akibat ketombe.

Caranya:

Campurkan 6-7 tetes minyak atsiri kayu putih dengan shampo biasa. Cuci rambut kepala dengan ramuan ini. Lakukan perawatan ini setiap minggu untuk menghilangkan ketombe.

[3]

5. Minyak atsiri rosemary

Minyak atsiri rosemary bersifat anti-bakteri yang berkhasiat untuk menghilangkan ketombe dan menyembuhkan kulit kepala.

Caranya:

Campurkan beberapa tetes minyak atsiri rosemary dengan masker rambut. Lakukan perawatan ini setiap minggu di rumah guna menghilangkan ketombe dalam beberapa minggu.

6. Minyak atsiri thyme

Minyak atsiri thyme bersifat antiseptik dan menenangkan yang dapat mengobati masalah ketombe dan memperbaiki keadaan kulit kepala secara keseluruhan.

Caranya:

Campurkan beberapa tetes minyak atsiri thyme dengan minyak yang diekstrak dari kapsul vitamin E, kemudian oleskan ramuan tersebut pada seluruh area kulit kepala. Lakukan perawatan ini setiap minggu untuk mencapai hasil yang diinginkan.

[4]

7. Minyak atsiri peppermint

Minyak atsiri peppermint memiliki efek menenangkan pada kulit kepala sambil menghancurkan bakteri penyebab ketombe.

Caranya:

Campurkan 6-7 tetes minyak atsiri peppermint dengan shampo biasa yang biasa dipakai untuk mencuci kulit kepala dan rambut. Lakukan perawatan ini setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.