Erabaru.net. Beracun! Aflatoksin merupakan segolongan senyawa toksik yang dikenal mematikan dan karsinogenik bagi manusia dan hewan. Toksisitasnya 68 kali lebih tinggi dari arsenik dan 10 kali dari kalium sianida, sifat racunnya sangat merusak jaringan hati.

Menyebabkan kanker ! Dia juga merupakan karsinogen biologis terkuat yang kita ketahui,1 mg adalah dosis pemicu kanker.

Pada tahun 1993, dia dkategorikan sebagai sejenis karsinogen oleh Cancer Research Institute dibawah naungan WHO.

Yang mengkhawatirkan adalah karsinogen yang sangat beracun ini ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jadi berhati-hatilah ! Aflatoksin tersembunyi dalam deretan makanan berikut ini!

1. Jagung, kacang yang berjamur

Aflatoksin mengendap dalam makanan berjamur, terutama makanan yang memiliki kandungan pati tinggi, seperti kacang tanah, jagung dan sebagainya.

Aflatoxin bersifat beracun dan diketahui juga bersifat karsinogenik, yaitu bisa menimbulkan penyakit kanker pada manusia, yaitu kanker hati atau carcinoma liver.

Nasi, millet, kacang-kacangan yang sering kita konsumsi, terutama di lingkungan yang panas dan lembab, juga akan jatuh ke dalam cengkramannya begitu berjamur.

2. Nasi yang berubah (warna, penampilan/fisik dan rasa)

Jangan mengira nasi yang dihangat-panaskan kembali tidak ada efek sampingnya, nasi yang sudah berubah, baik warna, penampilan (fisik) maupun rasa itu paling rentan menghasilkan aflatoksin!

Meng Lina, seorang ahli nutrisi dan makanan mengatakan : “saya punya teman senior berusia 40 tahun-an yang sepanjang tahun mengonsumsi sisa makanan – nasi atau lauk pauk dan mengidap kanker. Untuk menghindari pemborosan, dia kerap mengonsumsi nasi yang tidak sehat-bau aroma yang ganjil/basi dan tidak sesegar nasi semula.”

Asal tahu saja, nasi yang telah berubah, baik dari sisi fisik atau rasa itu yang paling mungkin menghasilkan aflatoksin!

Mungkin penyakitnya tidak terkait langsung dengan kebiasaan buruk ini, tapi setidaknya ini adalah kebiasaan yang tidak sehat, yang akan membahayakan tubuh/kesehatan kita.

Share

Video Popular