Erabaru.net. Warga Round Rock, Texas, AS, terbangun pada hari Kamis pagi untuk menemukan sebuah gua di bawah sebuah jalan di salah satu distrik.

Selama beberapa dekade terakhir, ratusan lubang runtuhan atau sinkhole telah dilaporkan di seluruh dunia.

Insiden-insiden ini adalah contoh grafis dari bahaya memanfaatkan tanah secara asal. Bumi tidak selalu sekuat batu.

Penduduk Texas di daerah Round Rock tidak pernah menduga akan terbangun oleh sebuah lubang yang dalam di lingkungan mereka.

“Sepertinya atap gua itu roboh dan saat roboh (atap) itu memecahkan jalur air kami dan juga mengenai jalur gas alam,” kata Mike Petter, manajer umum untuk Brushy Creek MUD.

Pihak berwenang tidak yakin alasan jalan tersebut ambruk hingga mengungkap formasi ruang bawah tanah yang cukup besar, yang menyebabkan setidaknya 10 rumah di Woods dalam distrik Brushy Creek mengalami gangguan layanan air. Warga Round Rock tidak pernah tahu bahwa ada gua besar di bawah kaki mereka.

“Hal sebenarnya yang menyebabkan pembukaan tidak diketahui saat ini,” kata Connie Watson, juru bicara Williamson County, dalam sebuah pernyataan.

“Namun, pemeriksaan awal pada fitur karst menunjukkan bahwa lapisan batu kapur yang membentuk langit-langit gua mengalami goresan dan menipis di tempat jalur utilitas dipasang, dan langit-langit gua tampak lebih stabil di luar area itu.”

Biasanya, sinkhole terjadi di lokasi tempat air, tidak bisa mengalir secara lateral, merembes melalui batu yang mudah pecah, menciptakan gua dan rongga.

Seringkali, permukaan akhirnya akan mengalami penurunan, yang menyebabkan terjadinya sinkhole.

Survei Geologi A.S. mengatakan sekitar 20 persen wilayah Amerika Serikat berada di medan karst; Kerusakan sinkhole terburuk terjadi di Florida, Texas, Alabama, Missouri, Kentucky, Tennessee dan Pennsylvania.(iin/yant)

https://www.facebook.com/plugins/post.php?app_id&channel=http%3A%2F%2Fstaticxx.facebook.com%2Fconnect%2Fxd_arbiter%2Fr%2FlY4eZXm_YWu.js%3Fversion%3D42%23cb%3Df32756caad300a%26domain%3Dwww.viral4real.com%26origin%3Dhttp%253A%252F%252Fwww.viral4real.com%252Ff29d55cdc2d69f4%26relation%3Dparent.parent&container_width=662&href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2FRoundtheRockTX%2Fposts%2F1691215660898937&locale=en_US&sdk=joey&width=662#

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular