Erabaru.net. Vitamin B7 atau biotin adalah vitamin yang larut dalam air yang merupakan bagian dari kelompok vitamin B kompleks. Vitamin B7 dibutuhkan tubuh untuk mengubah lemak, protein dan karbohidrat menjadi energi untuk melakukan aktivitas fisik dan untuk fungsi psikologis yang tepat.

Vitamin B7 berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut, kuku dan kulit. Vitamin B7 adalah vitamin yang paling umum ditambahkan pada produk kecantikan rambut dan kulit.

Selain itu, vitamin B7 dapat ditemukan pada daging, telur, alpukat, kembang kol, buah beri, ikan, kacang polong dan jamur. Kurang makan makanan ini dapat meningkatkan kemungkinan kekurangan vitamin B7.

Kekurangan vitamin B7 dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, kurang energi, nyeri otot, kerusakan saraf, perubahan suasana hati, kram dan gangguan kognitif.

Berikut 10 jenis makanan yang kaya akan vitamin B7.

1. Hati

Hati banyak mengandung kadar vitamin B7 untuk membangun massa otot dan penting untuk fungsi jaringan tubuh. Hati sapi mengandung protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin B7 dan folat.

2. Telur

Telur adalah makanan kaya protein di mana banyak mengandung asam amino yang bermanfaat untuk pertumbuhan otot. Telur juga kaya akan vitamin B7, yang bermanfaat supaya rambut dan kuku tetap kuat.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular