Erabaru.net. Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang merupakan bagian dari kelompok vitamin B kompleks. Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan memicu terbentuknya protein yang membekukan darah serta meningkatkan kesehatan tulang dan jantung.

Vitamin K tidak hanya berperan penting dalam pembekuan darah tapi juga meningkatkan kesehatan tulang dan jantung.

Tahukah Anda bahwa vitamin K adalah kelompok senyawa? Senyawa penting adalah vitamin K1 dan vitamin K2. Vitamin K1 yang didapat secara alami dari sayuran hijau dan vitamin K2 banyak diproduksi oleh bakteri di perut Anda.

Vitamin K berasal dari bakteri usus yang sudah kita miliki dan ini sangat bergantung pada kesehatan usus Anda.Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan penyakit jantung, melemahkan tulang, kanker dan kerusakan gigi.

Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin K dapat memberi manfaat bagi tubuh Anda dengan berbagai cara, termasuk memperbaiki kesehatan jantung, memperbaiki kepadatan tulang, memulihkan kesehatan mulut, melawan kanker dan mengurangi infeksi.

Berikut adalah makanan yang kaya vitamin K.

1. Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau, yang merupakan sumber zat besi, vitamin K dan beta-karoten yang baik untuk sistem kekebalan tubuh serta kesehatan mata, kulit dan tulang. Secangkir bayam mengandung 121 persen vitamin K.

2. Kale

100 gram kale mengandung 681 persen vitamin K. Vitamin K diperlukan untuk kesehatan tulang dan penyembuhan luka. Kale juga kaya serat, protein dan asam lemak omega-3.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular