- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Lulusan S2 Ini 8 Kali Gagal Saat Wawancara Kerja, Sampai pada Wawancara ke-9, Penguji Wawancara Mengatakan “Penyebab Kegagalannya”

Erabaru.net. Dewasa ini, pindah kerja atau mengundurkan diri bukan hal baru lagi. Dari sekian banyak fenomena pegawai yang berhenti kerja terutama karena telah menemukan pekerjaan yang lebih baik dan sesuai.

[1]

Alasan pegawai yang langsung mengundurkan diri itu lebih dikarenakan tidak puas dengan pekerjaannya sekarang atau tidak melihat prospek yang cerah di masa depan.

Namun, apakah Anda menemui kesulitan menemukan pekerjaan selanjutnya setelah mengundurkan diri?

Seorang netizen memosting sepenggal pengalamannya saat melamar pekerjaan baru setelah mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya, dan postingannya ini seketika membuat orang-orang merenung setelah mengetahui pengalamannya.

Dia adalah lulusan S-2 dari salah satu universitas terkenal, dan memiliki pengalaman (kerja) bertahun-tahun.

Setelah mengundurkan diri dari pekerjaannya, dia pun melamar pekerjaan baru dan telah 8 kali wawancara, namun, tidak ada kabar selanjutnya sama sekali, sehingga ia pun sangat tertekan.

Namun, saat wawancara ke-9, petugas penguji wawancara kerja langsung berkata kepadanya di sela-sela obrolan ringan seusai wawancara : “Alasan Anda mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya pasti tidak akan membuat Anda mendapatkan tawaran apa pun!”

[2]

Setelah itu, netizen laki-laki itu baru sadar, ternyata dia memang “sangat jujur” dalam wawancara, membicarakan tentang ketidakpuasannya terhadap bekas perusahaan tempat kerjanya dulu!.

Netizen itu merasa sangat masuk akal setelah mendengarnya, kemudian dia mengubah cara wawancara kerjanya, dan belakangan ia melakukan wawancara kerja di 3 perusahaan,1 di antaranya mendapat kabar dalam waktu 1 minggu.

Netizen ini sangat beruntung bertemu dengan petugas penguji wawancara kerja yang mau mengingatkan tentang poin penting dalam wawancara kerja, dan postingan netizen ini juga sangat bermanfaat bagi banyak netizen.

[3]

“Tidak boleh terlalu jujur (polos) saat wawancara kerja”, orang yang cerdik bisa mengubah kekurangan bekas perusahaan tempatnya kerja itu menjadi suatu kelebihan untuk dirinya sendiri, dan atasan tempat Anda melamar kerja itu juga baru berani menerima sosok pegawai baru seperti Anda untuk bergabung dengan timnya atau bahkan kerja sama dengan klien. Jadi intinya, harus bisa mengemas diri saat wawancara kerja “.(jhn/yant)

Sumber: life.bldaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.