Erabaru.net. Sungai Towy atau Tywi adalah sungai terpanjang di Wales dengan ukuran sekitar 120 km! Selain terkenal sebagai lubuk ikan salmon, di dasar sungainya juga menyimpan harta sejarah yang diyakini berasal dari Melayu.

Seorang nelayan yang juga seorang pembuat kapal tradisional bernama Andrew Davies bahkan tidak berpikir bahwa logam berkat yang tersangkut di jala ikannya mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi!

Saat mengingat temuan keris itu di Wales Online, Andrew menyatakan:

“Saya pergi mencari ikan pada suatu malam dan begitu saya menarik jaring, saya menemukan keris ini. Sejujurnya saya merasa sangat terkejut karena ini bukan tangkapan yang pernah saya dapatkan. ”

Tak lama setelah penemuan keris, Andrew terus membawa keris ke museum untuk pemeriksaan agar mendapat informasi lebih rinci tentang penemuan bersejarah tersebut.

“Saya ingin tahu bagaimana keris ini bisa di Towy”.

Sementara Gavin Evans, yang bertugas sebagai kurator di Museum Carmarthenshire, telah menginformasikan bahwa mereka telah mengirim beberapa gambar keris berkarat itu ke museum di London, Inggris, namun belum mendapat konfirmasi mengenai hal itu.

Evans mengatakan, “Saya belum menerima kabar terbaru dari museum, tentu saja, keris berasal dari Malaysia.”

Evans menambahkan lagi, dugaan awalnya keris mungkin berasal dari zaman Romawi tapi setelah memeriksa ukiran pada kerisnya, Evans yakin bahwa dia berasal dari Melayu.

“Pegangannya terbuat dari kayu dengan ukiran kepala burung yang diyakini terbuat dari tulang. Selain itu, ada juga sedikit tembaga di atasnya .”

“Saya yakin keris telah tertimbun di tanah sebelum tersabgjut di jala. Karena ini, keris tidak mengalami kerusakan parah. ”

Namun, pertanyaan terbesar di sini adalah bagaimana keris abad ke-18 bisa berada di dasar Sungai Towy?

“Ada banyak kemungkinan tentang bagaimana hal itu bisa berakhir di Towy. Carmarthen pernah dikenal sebagai daerah pelabuhan dan mungkin keris ini telah jatuh ke dasar sungai.”

“Atau mungkin terdapat kemungkinan dan penjelasan yang lebih misterius. Mungkin keris ini adalah senjata pembunuh yang pernah dibuang ke sungai Towy ? Siapa yang tahu? ”

Menariknya kisah penemuan keris ini. Di mana keris itu berada dan bagaimana bisa tenggelam ke dasar sungai Towy, Wales, yang sangat jauh dari tempat asalnya di Melayu.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular