Erabaru.net. Terlihat aneh bila kucing atau anjing Anda menekan kepalanya ke dinding. Tapi jika mereka melakukannya secara teratur, perlu ditanggapi dengan serius.

Jangan abaikan tanda ini, dan bawa hewan peliharaan Anda langsung ke dokter hewan, karena menekan kepala itu mungkin merupakan indikasi adanya sistem saraf yang rusak.

Binatang peliharaan memiliki cara sendiri untuk mengekspresikan emosi mereka. Terkadang mereka bersembunyi di bawah meja atau kursi, dan terkadang mereka bersembunyi di selimut.

Tapi di sini, kita akan menjelaskan mengapa hewan bisa menekan kepala mereka ke dinding, yang merupakan perilaku abnormal.

Anda tidak perlu panik jika hewan peliharaan Anda melakukan ini sesekali, mungkin hanya sedikit mengeluarkan emosi. Namun, yang perlu Anda lihat adalah frekuensi perilaku tersebut.

Menurut para ahli, menekan kepala adalah “kondisi yang dicirkan dengan tindakan kompulsif yang menekan kepala kec dinding atau benda lain tanpa sebab yang jelas.”

Ada beberapa alasan mengapa hewan peliharaan Anda menekan kepala:

Tumor Otak – Saat tumor otak mengembang, bisa merusak sistem saraf, yang bisa menyebabkan hewan peliharaan Anda menekan kepala ke dinding.

Trauma di kepala – Jika hewan mendapat pukulan di kepala, hal itu bisa menyebabkan trauma kepala atau getaran. Ini akan mendorong kepalanya ke dinding untuk menghilangkan rasa sakit atau mengurangi stres akibat trauma.

(Foto: Getty Images | Gombert’s hybrid)

Keracunan logam berat – Keracunan logam berat bisa menyebabkan kerusakan otak dan menyebabkan perilaku semacam ini.

Ketidakseimbangan garam – Air tidak bisa bergerak secara efektif melalui tubuh jika terjadi ketidakseimbangan sodium. Jadi makan terlalu banyak atau terlalu sedikit garam bisa membuat hewan peliharaan Anda mengalami dehidrasi. Ini akan menyebabkan pembengkakan di otak dan kejang, yang bisa menjadi alasan untuk menekan kepala.

Infeksi rabies atau jamur – Infeksi sistem saraf dapat menyebabkan hewan peliharaan Anda menekan kepala. Rabies bisa mematikan.

Parasit – Saat hewan peliharaan bermain di luar rumah, parasit seperti kutu dan cacing kuat akan bertahan di tubuh mereka. Kutu terutama dapat menyebabkan masalah neurologis dan merusak sistem saraf melalui penyakit seperti lyme dan gunung berbatu.

(Foto : Getty Images | Carol Yepes)

Pengobatan bervariasi tergantung dari beratnya masalah. Tetapi jika Anda menemukan hewan peliharaan Anda menunjukkan perilaku seperti itu, bawa sebagai dokter hewan sesegera mungkin untuk mencegah hal-hal menjadi lebih serius.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular