Erabaru.net Penggunaan jeruik nipis dalam makanan dan minuman pasti tidak asing lagi bagi kita. Selain harganya yang murah, juga sangat mudah ditemukan dimana saja. Setiap ekstraksi jus jeruk ini tidak hanya memberi Anda rasa enak dalam minuman atau masakan tapi juga memberi Anda kesegaran.

Yang menarik , jeruk nipis bukan hanya penambah rasa tapi juga mengandung berbagai khasiat. Bagi yang tidak mengenal jeruk nipis mengandung vitamin C dan merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik.

Selain khasiatnya yang kaya juga memiliki banyak kegunaan lainnya, terutama dalam memecahkan beberapa masalah kesehatan.

1. Mengecilkan perut buncit

Campurkan jeruk nipis dengan teh dan minuman tanpa pemanis setiap hari. Sebaiknya dengan teh hangat. Lakukan minum air ini secara rutin dan InsyaAllah perut buncit Anda akan kempis.

2. Obat demam

Ambil 2 sampai 4 genggam daun jeruk nipis, direbus dalam 2 sampai 4 gelas air. Gunakan air panas untuk mengompres penderita demam. Anda hanya perlu merendam handuk dalam ramuan ini dan meletakkannya di dahi.

3. Hilangkan bau ketiak

Bagi yang menderita bau ketiak Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis.

Caranya hanya dengan mencampur jeruk nipis dengan kapur sirih. Gunakan campuran setelah mandi dan biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci. Ulangi langkah ini sampai masalah hilang.

4. Sebagai obat sakit kepala

Ambil satu jeruk nipis dan potong sedikit di atasnya. Kemudian, peras kulit lemon sehingga mengeluarkan air dan pastikan Anda mengarahkan air lemon ke hidung.

5. Obat lelah

Ambil satu sendok makan madu, sebaiknya madu asli. Kemudian, campurkan madu dengan 5 tetes jus jeruk nipis. Anda bisa meminumnya kapan saja jika Anda lelah. Lakukan langkah ini seminggu sekali.

6. Obat batuk

Mudah, campurkan air jeruk nipis, kecap dan garam bersama. Lakukan minum ini setiap pagi dan malam.

7. Obat ketombe

Remas beberapa potongan daun rambutan bersama air sampai keluar lendir. Kemudian campurkan lendir dengan dua cangkir santan dan satu buah jeruk nipis.

Setelah siap, oleskan campuran di kepala dan bungkus dengan handuk lembab. Biarkan selama beberapa menit dan bilas rambut sampai bersih. Lakukan sekali seminggu.

8. Hilangkan noda minyak pada pakaian

Menghadapi masalah minyak yang membandel? Cara mudah, campurkan air jeruk nipis dengan sedikit garam. Kemudian, gosok campuran pada bagian pakaian yang tekena. Biarkan selama 5 sampai 10 menit sampai minyak hilang. Akhirnya cuci pakaian seperti biasa.

9. Perawatan rambut

Ambil beberapa biji jeruk nipis dan iris. Kemudian gosokkan di atas kepala dan biarkan selama beberapa menit lalu bersihkan.

10. Bersihkan kaca mata

Cuci dan gosok sedikit lemon ke kaca mata. Bilas bersih lalu bersihkan dengan kain bersih atau tissue. Anda akan melihat bahwa mata Anda akan lebih jelas dan bertahan lebih lama.(yant)

Sumber: erabaru.net

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular