Erabaru.net. Sebagian besar penyakit yang dialami wanita sulit dideteksi pada tahap awal – ada gejala tapi agak sulit untuk mengetahui apakah itu berbahaya atau tidak. Karena itu, untuk merasa lebih aman, Anda disarankan menemui dokter untuk mendapatkan nasehat mereka jika Anda merasa ada yang salah dengan diri sendiri.

Perlu Anda ketahui, mereka yang selamat dari kanker payudara adalah mereka yang mendapatkan diagnosis dini – 90% kasus.

Jadi segera kunjungi dokter jika gejala di bawah ini ada pada diri Anda:

# 7 Buang air kecil secara teratur

Tandanya: Ada masalah dengan ginjal dan saluran kemih. Ini mengacu pada ketidakseimbangan hormon atau menunjukkan bahwa ada sesuatu dengan mikroflora vagina. Dan jika Anda sering buang air kecil dan merasa sangat haus, itu mungkin pertanda diabetes.

Catatan: Anda memperhatikan Anda secara teratur ke toilet. Biasanya, seseorang hanya pergi ke toilet untuk buang air kecil 4 sampai 10 kali sehari jika Anda meminum sejumlah air yang biasa Anda minum. Hubungi ahli jika Anda mengalami masalah ini.

# 6 Turun berat badan tanpa sebab

Tandanya: Jangan terlalu senang jika berat badan Anda turun drastis dalam waktu singkat. Terkadang itu bisa menjadi gejala penyakit Crohn, diabetes, dan kanker. Ada yang salah dengan tubuh jika itu terjadi secara tiba-tiba.

Catatan: Jika Anda telah kehilangan 4-6 kg dalam 6-12 bulan terakhir, dan Anda tidak melakukan olahraga atau mengubah diet Anda, segera pergilah ke dokter.

# 5 Tumbuh bulu  di area yang tidak seharusnya

Tandanya : Hirsutisme atau bulu tubuh berlebihan berarti terlalu banyak hormon pria dalam tubuh. Perubahan penampilan seseorang bukanlah hal yang paling buruk –kondisi ini bisa menyebabkan kemandulan, gangguan metabolisme, atau peningkatan risiko kanker payudara dan penyakit endometrium.

Catatan: Jangan panik. Wanita selalu merasa semua bulu itu berlebihan.Tapi kondisi harus dilihat terlebih dahulu, tapi sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan spesialis endokrin.

# 4 Keluar darah setelah menopause

Tandanya: Banyak wanita masih keluar darah walaupun sudah menopause. Darah keluar bisa berupa kanker rahim, cervicitis, myoma, dan proses patologis lainnya yang berbahaya.

Catatan: Bagi wanita yang menjalani terapi pertukaran hormon dan masih mengalami menstruasi dalam 2 tahun adalah normal. Ini berbahaya jika Anda mengalami menopause dan tiba-tiba, Anda mulai mengeluarkan darah menstruasi lagi.

# 3 Perubahan pada payudara

Tandanya: Tanda awal kanker payudara sulit untuk diceritakan. Jika Anda memiliki kelenjar getah bening dan payudara, itu sudah terlambat.

Catatan: Jangan percaya pada pemeriksaan diri meski bisa mengidentifikasi tahap awal kanker payudara. Perhatikan juga bahwa ada ruam, keriput pada kulit, benjolan dan masalah serius pada payudara Anda.

# 2 Keluar cairan abnormal

Tandanya: Tubuh Anda mungkin memiliki infeksi. Ada banyak alasan untuk situasi ini dan Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan pakar untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Catatan: Cairan tidak seharusnya berwarna hijau dan bau. Adalah normal jika terdapat sedikit cairan darah yang keluar semasa menstruasi (2 minggu sebelum menstruasi berikutnya).

# 1 Banyak darah menstruasi

Tandanya: Penyebabnya mungkin karena faktor keturunan, adaptasi terhadap iklim atau olahraga yang terlalu kuat di gym. Masalah yang lebih serius, itu bisa disebabkan oleh malformasi endometriosis dan myoma tiroid. Anda harus melihat apakah kondisinya tetap berlanjut karena bisa menyebabkan anemia.

Catatan: Sulit untuk memahami aliran darah menstruasi Anda. Jika menstruasi Anda melebihi 7 hari, maka sangat menyebalkan jika warnanya sudah merah gelap. Siklus menstruasi yang lengkap adalah dalam 21 hari sampai 35 hari dan stabil.

Karena itu, sebaiknya jangan malu menemui ginekolog untuk informasi lebih lanjut dan periksa apakah Anda mengalami gejala di atas. Tapi, tidak hanya setelah gejala baru saja mendapat perawatan. Anda perlu berkonsultasi dengan ahli 1 atau 2 kali setahun.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular