Erabaru.net. Pernahkah Anda mendengar tentang markisa? Buah markisa adalah buah aromatik yang memiliki banyak nutrisi penting dan merupakan makanan untuk sarapan yang sangat terkenal. Buahnya biasanya bisa digunakan sebagai makanan ringan, salsa, dessert atau salad.

Buah markisa memiliki manfaat kesehatan dan obat-obatan yang sangat besar mulai dari meningkatkan pencernaan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, memperbaiki penglihatan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, mencegah jenis kanker tertentu.

Buah eksotis ini memiliki banyak vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, riboflavin, besi, magnesium, fosfor, potassium, tembaga dan serat untuk beberapa nama. Jadi, mari kita lihat manfaat kesehatan buah markisa.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah markisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C, antioksidan dan senyawa tertentu. 100 gram markisa mengandung 30 miligram vitamin C yang bermanfaat mengurangi radikal bebas dari tubuh.

2. Bersifat anti-kanker

Buah markisa bermanfaat untuk mencegah kanker. Polifenol, antioksidan dan karotenoid yang terkandung di dalam markisa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya untuk kanker paru dan kanker mulut.

3. Menyembuhkan insomnia

Minum segelas jus buah markisa memiliki efek menenangkan pikiran, karena markisa bermanfaat untuk melemaskan saraf dan menyembuhkan masalah lambung dan pencernaan. Penderita insomnia dan gangguan tidur lainnya dapat menambahkan markisa dalam menunya.

4. Kaya akan vitamin A

Buah markisa mengandung vitamin A, yang bermanfaat untuk kesehatan mata serta mencegah katarak, rabun senja dan degenerasi makula. Kadar antioksidan yang signifikan yang terkandung di dalam markisa akan semakin meningkatkan berfungsi membran di dalam tubuh.

5. Bagus untuk pencernaan

Buah markisa mengandung serat, yang membuatnya sangat baik untuk pencernaan dan menjaga usus tetap bersih. Buah markisa berefek sebagai pencahar, yang membantu membersihkan usus besar dan menjaga agar saluran pencernaan tetap sehat.

6. Mengurangi tekanan darah

Buah markisa mengandung kalium yang bertindak sebagai vasodilator (melebarkan pembuluh darah). Mineral yang terkandung dalam markisa memicu kesehatan jantung, meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah yang kaku. Jaga kesehatan jantung anda dengan makan markisa setiap hari.

7. Meredakan asma

Buah markisa sangat bergizi, menyehatkan dan mengandung vitamin penting, yaitu vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah gejala asma, meredakan serangan asma serta mengurangi mengi dan batuk.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah markisa mengandung banyak mineral penting seperti tembaga, besi, fosfor dan magnesium yang bermanfaat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mempertahankan kekuatan tulang. Makan markisa setiap hari dapat mencegah osteoporosis.

9. Baik untuk kesehatan jantung

Buah markisa mengandung flavonoid dan asam fenolat yang bermanfaat melindungi jantung. Buah markisa mampu mengendalikan kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kolesterol jahat menyumbat arteri dan meningkatkan tekanan pada jantung.

10. Bermanfaat menurunkan berat badan

Buah markisa adalah salah satu buah yang sempurna untuk menurunkan berat badan karena mengandung kadar kalori, lemak dan natrium yang rendah.

100 gram markisa mengandung 97 kalori. Buah markisa mengandung serat yang tinggi, yang memberi rasa kenyang lebih lama dan mengurangi hasrat untuk ngemil.

11. Baik untuk penderita diabetes

Buah markisa bermanfaat untuk penderita diabetes karena mengandung kadar serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah yang membantu menjaga kadar insulin dan kadar gula darah supaya tetap stabil.(vivi/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

https://www.youtube.com/watch?v=RLHdNslnv9Ia

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular