Erabaru.net. Ini bukan kebiasaan, melainkan mengikuti mode terbaru untuk tidak memakai kaus kaki sambil mengenakan apa pun jenis sepatu yang Anda cintai. Sepatu di sini berarti semua jenis sepatu yang tertutup dan tidak terkecuali seperti sepatu kulit, sepatu olah raga dan sebagainya.

Mungkin Anda juga orang yang suka memakai sepatu dengan tanpa memakai kaus kaki, karena terlihat bagus dan nyaman. Atau Anda sengaja melakukannya karena malas memakai kaus kaki. Dan mulai hari ini, Anda harus berpikir dan mempertimbangkan kembali keputusan untuk tidak memakai kaus kaki saat Anda mengenakan sepatu.

1. Kaki Anda bau lebih kuat

(Foto : TokyoJapan2013)

Jika pakaian yang tertimbun dan tidak terkena sinar matahari akan tercium bau, begitu juga dengan kaki Anda. Saat kaki basah karena keringat dalam sepatu, bakteri akan dengan senang hati berkembang biak dan reaksinya dengan suhu akan menyebabkan bau tak sedap.

Tanpa menggunakan kaus kaki apa pun yang akan menyerap keringat di kaki Anda dan membuatnya kering, sudah pasti kaki Anda akan tercium dengan bau yang tidak sedap saat Anda melepas sepatu setelah memakainya sepanjang hari.

Anda mungkin bahkan tidak menyadari bahwa kaki Anda bau, tapi orang lain akan bisa menciumnya.

2. Mengakibatkan kaki Anda kering dan lembab akan membuat Anda terkena komplikasi kesehatan

(Foto : eMedicineHealth)

Mungkin Anda tidak menyadarinya, tapi bisa menyebabkan penyakit ‘Athlete’s Foot’. Penyakit ini bisa membahayakan dan akan membuat kaki Anda terasa tidak nyaman. Biasanya bila seseorang terkena penyakit ini, kulit kaki akan menjadi merah, gatal, bersisik dan retak, terutama di celah jari kaki.

Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang menyebabkan kudis dan biasanya ditemukan di daerah yang gelap, hangat dan lembab seperti alas kaki yang dikenakan kaki tanpa kaus kaki setiap hari.

Tanpa kaus kaki, kaki Anda tidak bisa menyerap keringat dan kelembaban kaki dan tidak bisa mengering. Perlu Anda Ketahui, kaki memiliki 250.000 kelenjar keringat, yang merupakan tempat terbaik untuk membiakkan kuman dan bakteri.

Ahli podiatrist, Dr. Emma Stevenson mengatakan bahwa kaki kita biasanya menghabiskan setengah liter keringat setiap hari. Ini berarti jumlah itu cukup untuk membasahi sepatu Anda.

3. Kurap yang menyebabkan penyakit dari mulut ke mulut bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain

(Foto: Fugacil)

Mulai dari kepala sampai paha, kurap bisa menyebar ke bagian tubuh ini, terutama saat Anda tidak segera mengenali masalah ini.

Infeksi bakteri, yang dikenal dengan ‘Jock Itch’, biasanya menyerang kulit kepala, area genital, paha dan punggung. Karena itu, jika Anda tidak ingin merasa tidak nyaman dari kulit, kulit bersisik dan kemerahan di daerah sensitif itu, pastikan kaki Anda dalam kondisi baik dan terpelihara dengan baik.

4. Infeksi jamur dari orang lain bisa menyebar ke Anda saat mencoba sepatu baru

(Foto : Liebscher & Bracht)

Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah kaki bau atau infeksi jamur lainnya, Anda masih bisa mendapatkan penyakit ini dari orang lain, terutama bila Anda tidak mengenakan kaus kaki saat mencoba sepatu baru di toko sepatu.

Ini seperti Anda mengenakan masker wajah untuk melindungi diri dari bakteri di udara, mengenakan kaus kaki diperlukan untuk melindungi kaki Anda dari bakteri dan jamur yang menular.

Tanpa kaus kaki, berarti kaki Anda tidak memiliki perlindungan terhadap bakteri dan jamur yang ada di sepatu dan kaki Anda.

5. Tanpa memakai kaus kaki, sepatu Anda lebih cepat kotor dan berjamur

(Foto : Bustle)

Anda pasti akan menghabiskan setidaknya ratusan ribu rupiah untuk membeli sepasang sepatu kulit atau sepatu olahraga. Sayang sekali Anda melihat sepatu itu terlihat kotor dan berjamur karena keringat dari kaki.

Lebih buruk lagi, bila Anda memakai sepatu yang sama secara teratur, itu akan selalu lembab dan untuk mengeringkan butuh 48 jam setelah Anda membuka sepatunya. Jadi sepatumu akan terlihat kotor, berjamur dan bau.

Jadi, untuk menjaga kaki tetap sehat, Anda disarankan memakai kaus kaki setiap kali memakai sepatu.

Jika Anda tidak ingin memakai kaus kaki panjang yang tidak memperlihatkan kaki Anda untuk fashion, Anda bisa untuk mengenakan kaus kaki sampai pergelangan kaki atau jenis kaus kaki lainnya.

Yang penting, pastikan memakai kaus kaki atau pelindung kaki untuk mencegah kaki di jangkiti bakteri dan bau.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular