Erabaru.net. Beberapa waktu lalu, seorang pemuda berusia 17 tahun bernama Liu dilarikan ke rumah sakit! Anak muda yang sehari-hari tampak sehat ini ditemukan menderita kanker hati!

Malang baginya, karena telah kehilangan kesempatan pengobatan, dan dokter juga tidak dapat berbuat apa pun …

Sementara biang keladinya ternyata makanan yang sering kita santap.

Bakar! Panggang atau barbekyu

Memilukan, baru 17 tahun, tapi menderita penyakit kronis seperti itu. Menurut penuturan ayahnya, Xiao Liu sangat suka makan makanan yang dibakar, dipanggang atau barbekyu, dan karena ketagihan dengan makanan panggang seperti itu, jadi hampir setiap hari ia menyantapnya.

Masa sih bagi mereka yang suka dengan makanan seperti itu tidak akan menelan ludah ketika mencium aroma harum sate kambing, sapi, ayam, tiram, ikan sanma/sauri atau jenis daging lain yang dibakar ?

Namun, pernahkah terlintas dalam benak Anda dengan yang dirasakan organ lainnya setelah memuaskan seleramu itu ? Asal tahu saja, pola makan yang buruk menyebabkan metablisme Xiao Liu
menjadi kacau.

Dia menjadi susah BAB dalam waktu yang cukup lama, bahkan hanya BAB sekali seminggu.

Dua minggu yang sebelumnya , Xiao liu selalu merasa perutnya tidak nyaman. Awalnya, dia mengira akibat makan makanan yang tidak higienis, lalu minum obat sekadarnya, dan istirahat.

Namun, tak disangka, Xiao Liu mengalami sakit perut secara berulang dan kulitnya juga menjadi kuning, selain itu juga menunjukkan gejala gatal-gatal yang tak tertahankan dan urinnya berwarna merah seperti black tea, begitu juga dengan matanya menjadi sangat kuning.

Setelah diperiksa di rumah sakit, dan melalui pencitraan resonansi magnetik, hasilnya menunjukkan organ hati Xiao Liu terlihat bengkak dan telah mengakibatkan kerusakan pada parenkim hati akut.

Betapa rapuhnya hidup manusia di hadapan momok penyakit dan ini bukan contoh kasus pertama !

Sebelumnya, seorang pemuda 26 tahun yang kritis juga tewas saat dilarikan ke rumah sakit!

Sementara seorang pria lainnya yang berusia 26 tahun juga dalam keadaan kritis saat dilarikan ke rumah sakit, pernapasan dan detak jantungnya telah berhenti, hingga akhirnya meninggal.

Ternyata pemuda itu adalah penderita kanker lambung stadium akhir.

Ibu si pemuda itu tak kuasa menahan tangis sedihnya mendapati putranya yang masih muda telah tiada.
Dia menuturkan, anaknya jarang istirahat dan makan secara teratur. Sebagian besar waktunya di rumah hanya bermain game, atau internetan di kafe.

Dia sering terjaga sepanjang malam dan mengisi perutnya dengan makanan yang dibakar/panggang di pinggir jalan saat lapar.

“Dia meninggal juga karena ulahnya sendiri”, ratap ibunya pilu.

Tapi, mengapa daging yang dibakar/panggang harum itu bisa menjadi ancaman bagi kesehatan?

Seorang dokter bedah hati menjelaskannya seperti ini : Karena makanan yang dipanggang perlu dimatangkan dengan suhu tinggi, sedangkan daging dan ikan yang kaya protein akan menghasilkan amina heterosiklik setelah dimasak pada suhu tinggi, sementara itu, senyawa ini memiliki efek karsinogenik. Bila makanan dipanaskan pada suhu yang lebih tinggi, maka amina heterosiklik yang dihasilkan akan lebih banyak.

Selain itu, lemak seperti ikan dan daging yang dibakar akan menghasilkan benzopyrene karsinogenik. Apabila sering mengonsumsi makanan panggang yang terkontaminasi benzopyrene akan memicu risiko kanker lambung dan usus.

Umumnya ada yang suka menikmati barbekyu dengan bir. Sementara, alkohol bisa mempercepat aliran darah, yang dapat melebarkan pembuluh darah dan merusak protein lendir pada permukaan mukosa saluran pencernaan, sehingga membuat karsinogen (zat penyebab kanker) lebih mudah diserap tubuh.

Oleh karena itu, makan makanan yang dibakar/panggang atau barbekyu tidak hanya menyebabkan kanker hati, tapi juga menginduksi kanker lambung, kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker kerongkongan dan perilaku diet buruk lainnya.

Apabila tidak bisa menahan godaan makanan yang lezat, dihimbau singkirkanlah bagian yang hangus/gosong saat menikmati makanan yang dibakar, padukan dengan sayuran yang banyak untuk meningkatkan elemen sehatnya.

Namun, kalau bisa singkirkanlah dari makanan semacam itu, demi menjaga kesehatan organ hati Anda ! Barbekyu meski lezat, tapi jangan rakus, jangan terlalu sering menyantap makanan yang dibakar dalam jangka panjang! Ingat, kesehatan yang paling utama !(jhn/yant)

Sumber: life.bldaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular