Erabaru.net. Beberapa waktu yang lalu, seorang netizen di Xi’an, Tiongkok, merekam sebuah pemandangan yang menyentuh kalbu di samping Universitas Sains dan Teknologi.

Pekerja migran yang terlihat dalam video itu bermaksud mengambil uang tunai di ATM usai pulang kerja.

Kebetulan seorang petugas security sedang mengepel lantai di sekitar ruang ATM, dan karena melihat lantainya bersih, dia pun seketika melepas sepatunya, lalu ke mesin ATM dengan cara berlutut sambil berjalan, dan pemandangan ini pun seketika membuat haru netizen.

Banyak netizen yang marah-marah setelah melihat foto yang diunggah itu.

“Security itu sengaja mempersulit orang yang ke ATM”

“Menghina buruh migran”, dan banyak lagi ungkapan kekesalan para netizen.

Akhrinya netizen yang mengunggah pemandangan itu segera menjelaskan hal yang sebenarnya ….

Saat itu, si pekerja melihat lantai yang bersih setelah dipel, karena tidak ingin merepotkan security itu mengepel ulang, jadi si pekerja sendiri yang melepas sepatunya dan berkata, “Sepatu saya kotor, tapi hatiku bersih,”katanya sambil tersenyum.

“Tidak apa-apa, masuk saja, saya akan pel lagi nanti,” kata security sambil mencoba menahan si pekerja melepas sepatunya, namun, dia menolak dan masuk ke ATM dengan cara berlutut sambil berjalan dan mengambil uangnya.

Ternyata si pekerja memang tak ingin merepotkan lagi security yang sudah dengan susah payah mengepel bersih lantainya.

Memang pada awalnya banyak netizen yang marah-marah karena mengira security itu sengaja mempersulit seorang buruh migran, namun, mereka seketika terharu setelah mengetahui hal yang sebenarnya

Mereka memberi penghormatan kepada pekerja migran itu, mereka tak menyangka pekerja itu justru lebih memikirkan posisi orang lain yang tak dikenalnya.

Mungkin kalau orang lain, akan langsung masuk ke dalam tanpa peduli dengan pegawai kebersihan yang sedang mengepel.

Inilah wujud empati seseorang! Jika Anda tidak ingin orang lain merepotkan Anda, maka Anda juga tidak boleh menyebabkan masalah bagi orang lain!

Sikap dan rasa empati pekerja migran tersebut di atas patut kita kagumi dan teladani! Semoga semakin banyak sosok manusia yang memiliki rasa empati di dunia ini.(jhn/yant)

Sumber: life.bldaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular